Kamis 06 May 2010 04:23 WIB

Syarat Jadi Universitas Kualitas Dunia, 'UT Go Green' Diluncurkan

Red: Endro Yuwanto
Kampus UT yang asri
Kampus UT yang asri

JAKARTA--Salah satu syarat untuk menjadikan sebuah universitas sebagai salah satu perguruan tinggi berkualitas dunia adalah dengan cara turut berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan global, khususnya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

''Untuk itu, mulai awal 2010, UT mencanangkan program UT Go Green,'' ujar Rektor Universitas Terbuka (UT), Tian Belawati, dalam peluncuran 'UT Go Green', Rabu (5/5).

Menurut Tian, program ini meliputi empat kegiatan utama, yakni penghematan listrik, air, kertas. Lalu penggunaan bahan ramah lingkungan. Kemudian, pemeliharaan lingkungan seperti penghijauan, biopori, dan kawasan bebas asap rokok. ''Terakhir, pengelolaan sampah misalnya pemilahan dan pemanfaatan sampah,'' jelasnya.

UT Go Green adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian pegawai dan mahasiswa untuk turut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan. ''Diharapkan UT akan memiliki sistem pengelolaan perkantoran dengan memerhatikan upaya-upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan yang mengacu pada prinsip pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan,'' cetus Tian.

Konsekuensinya, kata Tian, seluruh civitas akademi UT harus menjadi pelopor dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement