Senin 17 May 2010 21:41 WIB

Memiliki Hidung Besar? Selamat, Anda Lebih Tahan Polusi dan Penyakit

Rep: cr2/ Red: Ririn Sjafriani
ilustrasi
Foto: corbis
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jika Anda memiliki hidung yang ukurannya lebih besar dari rata-rata, tak usah minder. Justru Anda seharusnya merasa beruntung. Menurut sebuah studi, individu yang memiliki hidung besar cenderung cerdas dan identik dengan darah biru. Riset terbaru juga mengungkap, hidung mancung dan besar memiliki perlindungan ganda terhadap penyakit.

Hasil riset juga mengungkap kendati secara fisik pemilik hidung besar kerap diejek atau dilecehkan, pemilik hidung itu cenderung kuat menghadapi fllu atau virus flu. Peneliti menyimpulkan, semakin besar hidung, semakin besar pula filter udara yang menyaring debu dan bakteri saat memasuki tubuh.

Peneliti menjelaskan hidung yang besar juga meminimalisir terhirupnya polusi udara hingga 7 persen. Hidung itu juga bertindak sebagai filter untuk menjauhkan kuman dari mulut dan mengurangi efek dari demam.

Sebelumnya, peneliti membuat semacam dua replika hidung. Ukuran pertama 2.3 kali lebih besar dari replika hidung kedua. Kedua hidung diletakkan pada kepala buatan dan dua set bibir yang juga dalam berbagai ukuran. Bibir menutupi ujung tabung dan menarik di udara yang mengandung berbagai partikel.

Hasilnya, hidung berukuran besar hanya menghirup partikel 6,5 persen. Prosentase ini lebih sedikit ketimbang repilka hidung berukuran kecil. Hasil mengejutkan juga diperoleh peneliti dimana bibir berukuran besar mampu mengurangi masuknya partikel hingga 3,2 persen.

Dr Renee Anthony, Pemimpin riset mengatakan hidung yang besar memberikan perlindungan yang lebih baik untuk mulut. "Hidung besar juga menurunkan resiko terinfeksi dan Hal itu berlaku juga untuk polusi," tukasnya seperti dikutip dari dailymail, Senin (17/5).

Riset yang digagas University of Iowa, Amerika Serikat segera dipublikasikan dalam jurnal Annals Of Occupational Hygiene.

Jadi, beruntunglah selebritis macam Sarah Jessica Parker, Barbara Streisand dan Barry Manilow. Untuk tokoh asal Indonesia, sosok Akbar Tanjung mungkin termasuk beruntung orang-orang beruntung dengan berkah ukuran hidung tergolong besar dari ukuran rata-rata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement