Kamis 10 Jun 2010 03:12 WIB

Tol Pejagan-Pemalang Terkendala Pembebasan Tanah

Red: Siwi Tri Puji B
Tol Pejagan di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah
Foto: .
Tol Pejagan di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pembangunan beberapa ruas jalan tol mengalami kemacetan. Diantaranya adalah tiga ruas, yakni Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. "Kemacetan dikarenakan proses pembebasan lahan yang tersendat karena badan usaha yang bertanggung jawab tidak aktif," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Ia menambahkan, pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp2,1 triliun untuk biaya pembebasan lahan. "Dana kita tidak masalah, yang menjadi masalah karena proses pembebasan tanah dan permasalahan administrasi lainnya," ungkap Menteri PU.

Akibatnya, tambah Djoko, secara umum pembangunan lingkar luar trans Jawa berjalan lambat. Terkait itu, Wapres menginstruksikan agar dilakukan evaluasi dalam waktu sebulan kedepan.

Wakil Presiden Boediono menginstruksikan agar pembangunan sepuluh ruas jalan tol dievaluasi untuk mengetahui layak atau tidak untuk diteruskan. "Wapres meminta agar di evaluasi pembangunan di sepuluh ruas tol, apakah layak diteruskan atau tidak menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 67 Tahun 2005 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement