Kamis 01 Jul 2010 01:41 WIB

Bebaskan Diri dari Macet dengan Mobil Terbang!

Red: Ririn Sjafriani
Mobil terbang produksi Terrafugia Transition.
Foto: Terrafugia-dailymail
Mobil terbang produksi Terrafugia Transition.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Bermimpi untuk memiliki mobil dengan kemampuan untuk segera meninggalkan kemacetan di jalan raya dan kemudian terbang ke tujuan? Tak lama lagi, hal itu bukan sekedar mimpi.

Sebuah produk pesawat ringan dari Terrafugia Transition yang dapat meringkas diri untuk berjalan sebagaimana mobil di jalan, kini tengah memasuki masa produksi setelah pemberian izin beban khusus oleh otoritas udara federal Amerika Serikat.

Pengecualian itu sangat penting karena perlengkapan keamanan seperti kantong udara dan lain-lain, yang disyaratkan untuk kendaraan darat merupakan beban berat bagi mobil terbang yang masuk dalam kategori "pesawat olahraga ringan", yang hanya membutuhkan izin pilot yang paling dasar dan mudah diperoleh.

Pengemudi dapat memperoleh izin menerbangkan pesawat olahraga ringan hanya dengan jam terbang 20 jam. Setelah Anda memperoleh izin tersebut, maka yang harus Anda sediakan adalah uang sebesar 194 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1, 75 miliar untuk membeli mobil terbang ini.

Jika harga tersebut masih terlalu tinggi untuk Anda, maka situs Terrafugia menawarkan versi miniatur terbuat dari kertas untuk kendaraan ini yang harganya hanya sekitar 2 dolar AS atau sekitar Rp 18 ribu rupiah.

Terrafugia diharapkan akan menyelesaikan pesawat ringan ini pada akhir tahun 2011.

Produk tersebut diharapkan dapat mencapai kecepatan 115 mph dengan muatan cukup bagi Anda yang ingin membawa peralatan ski atau tongkat golf hingga 195 kilogram.

Sayap pesawat dapat dilipat dan dilebarkan hanya dengan memencet satu tombol. Jangan khawatir, bagi Anda yang tidak terlalu menyukai terbang disediakan peralatan keamanan berupa parasut. Sehingga jika mesin tak bekerja dengan baik, Anda masih punya alternatif sampai ke darat dengan selamat. Anda tertarik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement