Ahad 01 Aug 2010 17:37 WIB

Yogya dan Solo Jadi Proyek Percontohan Moda Tranportasi Terintegrasi

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Pemerintah berencana menjadikan Kota Yogyakarta dan Solo sebagai contoh proyek integrasi moda transportasi, seperti kereta api dan kapal terbang.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, program integrasi moda transportasi ini bermula dari inisiatif kedua pemerintah tersebut. Kementerian Perhubungan, kata dia, hanya memberikan technical assistant.

"Ini sebagai contoh bahwa keterpaduan moda transportasi itu bisa dilakukan," ujarnya dalam diskusi Pembangunan Infrastruktur Forum Wartawan Keuangan dan Moneter (Forkem), di Anyer, Banten, Sabtu malam (31/7).

Bambang mencontohkan, penumpang yang turun di Bandara Adisucipto (Yogyakarta) akan bisa memilih, menggunakan layanan bus Trans Jogja atau Kereta Prambanan Express, jika ingin menuju ke Solo.

Selain integrasi fisik, keterpaduan itu juga dikembangkan pada integrasi jadwal dan tiket. Kemudian melibatkan tiga operator yakni Trans Batik Jogja, Trans Batik Solo, dan Kereta Api Indonesia.

Ke depan, lanjut Bambang, beberapa kota besar yang memiliki intensitas tinggi dalam arus transportasinya juga akan dikembang integrasi moda transportasi. "Kami akan fokus ke kota-kota besar," katanya.

Sayangnya, Bambang belum menjelaskan kota-kota mana saja yang difokuskan untuk pengembangan integrasi moda transportasi tersebut. "Nanti kami lihat di kuartal keempat," tegasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

(QS. An-Nisa' ayat 59)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement