Selasa 24 Aug 2010 20:10 WIB

Malaysia Peringatkan Penularan Penyakit Melalui Air Sungai

Rep: Maryana/ Red: Endro Yuwanto
Tikus membawa penyakit leptospirosis
Tikus membawa penyakit leptospirosis

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR--Malaysia menutup beberapa taman dan memperingatkan masyarakatnya untuk tidak berenang dan membuang sampah di sungai. Hal itu dilakukan setelah 10 orang meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh tikus.

New Strait Times dan The Star melaporkan pada Sabtu (24/8), remaja usia 17 tahun di negara bagian utara Kedah meninggal dunia akibat bakteri penyakit leptospirosis. Remaja itu meninggal setelah setelah piknik dan berenang di salah satu sungai sebulan lalu.

Beberapa taman di seluruh negeri telah ditutup setelah kematian tersebut. Beberapa kematian diduga disebabkan oleh penularan virus itu melalui air.

Laman Departemen Kesehatan memperingatkan masyarakat untuk tidak berenang dan menyelam di sungai saat hujan. Sebab jika mereka memiliki luka di tubuh bisa menyebabkan kemungkinan infeksi.

Menteri Kesehatan, Liow Tiong Lai, dikutip Times mengatakan, pihaknya akan mendistribusikan selebaran dan poster untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, Senin (23/8).

Leptospirosis disebabkan oleh paparan terhadap air yang terkontaminasi dengan air kencing binatang yang terinfeksi dan diserap melalui kulit.

Tikus adalah pembawa utama, dan kampanye kementerian mendesak masyarakat untuk tidak membuang sampah di dekat sumber air yang dapat menarik tikus.

Kasus penyakit ini meningkat pesat di Malaysia. Pada 2009 sebanyak 62 orang meninggal akibat bakteri tersebut.

Gejala penyakit ini antara lain, nyeri otot, demam, muntah, dan sakit kepala. Leptospirosis dapat disembuhkan jika orang yang terjangkit melakukan perawatan rutin selama satu pekan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا كُنْتَ فِيْهِمْ فَاَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلٰوةَ فَلْتَقُمْ طَاۤىِٕفَةٌ مِّنْهُمْ مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوْٓا اَسْلِحَتَهُمْ ۗ فَاِذَا سَجَدُوْا فَلْيَكُوْنُوْا مِنْ وَّرَاۤىِٕكُمْۖ وَلْتَأْتِ طَاۤىِٕفَةٌ اُخْرٰى لَمْ يُصَلُّوْا فَلْيُصَلُّوْا مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوْا حِذْرَهُمْ وَاَسْلِحَتَهُمْ ۗ وَدَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ تَغْفُلُوْنَ عَنْ اَسْلِحَتِكُمْ وَاَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيْلُوْنَ عَلَيْكُمْ مَّيْلَةً وَّاحِدَةً ۗوَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِنْ كَانَ بِكُمْ اَذًى مِّنْ مَّطَرٍ اَوْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَنْ تَضَعُوْٓا اَسْلِحَتَكُمْ وَخُذُوْا حِذْرَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ اَعَدَّ لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًا
Dan apabila engkau (Muhammad) berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu engkau hendak melaksanakan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata mereka, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan satu rakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang lain yang belum salat, lalu mereka salat denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata mereka. Orang-orang kafir ingin agar kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu sekaligus. Dan tidak mengapa kamu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat suatu kesusahan karena hujan atau karena kamu sakit, dan bersiap siagalah kamu. Sungguh, Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.

(QS. An-Nisa' ayat 102)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement