Sabtu 04 Sep 2010 04:37 WIB

Pecalang Dilibatkan dalam Pengamanan Pemukiman

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,Untuk mengamankan kawasan pemukiman penduduk yang ditinggal pemiliknya selama libur Lebaran, satuan pengamanan adat (Pecalang) akan dilibatkan dalam pengawasan di sejumlah daerah di Bali.

"Untuk pengamanan kawasan pemukiman yang banyak ditinggal penghuninya, Polda Bali telah memerintahkan polisi masyarakat (polmas) untuk mendata pemukiman. Selain itu juga melibatkan Pecalang dalam pengamanan wilayahnya masing-masing," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gde Sugianyar di Denpasar, Jumat.

Disebutkan, prioritas pengamanan yang dilakukan Pecalang antara lain adalah rumah-rumah warga di lingkup banjar atau dusun yang ditinggal mudik penghuninya mudik Lebaran.

Dikatakan Sugianyar, satuan keamanan desa adat tersebut nantinya dalam melakukan pengamanan akan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian, yakni petugas Polmas termasuk kepada pihak TNI yang bertugas di masing-masing desa.

"Kami harapkan nantinya mereka mampu mengamankan lingkungannya sendiri, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya mengharapkan. Dalam kesempatan tersebut, Sugianyar sangat mengharapkan para pemudik yang akan meninggalkan rumahnya selama libur Lebaran, dapat menitipkan kepada tetangga terdekat atau pun paling tidak kepada pengurus banjar atau desa setempat.

Menurutnya, beberapa langkah antisipasi pemilik rumah juga sangat diperlukan seperti memastikan tidak ada lampu yang menyala selama ditinggal, kompor dalam keadaan mati, serta memastikan keadaan rumah dalam keadaan terkunci.

"Antisipasi ini penting dilakukan untuk dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kebakaran dan yang lainnya," harap Sugianyar.

Selain memastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci, kata dia, kalau perlu masyarakat dapat memasang perangkat pengamanan ganda seperti CCTV, alarm dan perangkat lainnya untuk mencegah terjadinya pencurian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement