Ahad 12 Sep 2010 03:29 WIB

Mantan PM Australia Bakal Jadi Menteri Luar Negeri

Red: Siwi Tri Puji B
Kevin Rudd
Foto: AP
Kevin Rudd

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA--Mantan perdana menteri Australia, Kevin Rudd akan menjadi menteri luar negeri dalam kabinet Perdana Menteri Julia Gillard, hanya beberapa bulan setelah dia digulingkan dalam "kudeta" koleganya di partai Buruh itu. "Kevin Rudd akan menjadi menteri luar negeri," kata juru bicara kantor Gillard, menambahkan bahwa Stephen Smith akan pindah dari pos yang lama menjadi menteri pertahanan.

Gillard sedang mempersiapkan untuk nama anggota lain kabinet nanti hari Sabtu setelah nyaris gagal kembali ke kekuasaan, bila saja tak ada dukungan dari dua anggota parlemen independen setelah pemilu yang hasilnya "menggantung".

Rudd disingkirkan oleh Gillard pada akhir Juni, setelah mantan diplomat itu kehilangan dukungan dari rekannya di Partai Buruh. Pada saat itu, Gillard, wanita pertama yang menjadi perdana menteri, mengatakan bahwa ia memutuskan untuk menantang mantan pemimpin karena pemerintah telah 'kehilangan arah' setelah sebelumnya menang telah dalam pemilu November 2007.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يَسْتَوِى الْقَاعِدُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ غَيْرُ اُولِى الضَّرَرِ وَالْمُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْۗ فَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ دَرَجَةً ۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَفَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ اَجْرًا عَظِيْمًاۙ
Tidaklah sama antara orang beriman yang duduk (yang tidak turut berperang) tanpa mempunyai uzur (halangan) dengan orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan derajat orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk (tidak ikut berperang tanpa halangan). Kepada masing-masing, Allah menjanjikan (pahala) yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar,

(QS. An-Nisa' ayat 95)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement