Sabtu 01 Jan 2011 01:01 WIB

Duh! Dua Juta Warga Karawang Ternyata Miskin

Red: Stevy Maradona
Banjir akibat luapan sungai Citarum di Karawang.
Foto: Antara
Banjir akibat luapan sungai Citarum di Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Sepertiga dari jumlah total penduduk Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang mencapai sekitar dua juta jiwa, masih miskin.

Demikian menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat, Teddy Rusfend, Jumat (31/12). "Masih ada sepertiga penduduk yang miskin, itu merupakan salah satu isu strategis penanggulangan kemiskinan di Karawang," kata Teddy.

Dikatakannya, kondisi kemiskinan di Karawang tersebut terlihat dari angka rata-rata lama sekolah masyarakat yang masih rendah disertai dengan tingginya angka peralihan dan angka putus sekolah.

Selain itu, juga sesuai dengan kondisi gangguan kesehatan penduduk yang berdampak negatif terhadap kesejahteraan keluarga, serta penyediaan lapangan kerja di sektor formal yang hingga kini masih berjalan lamban.

Ia menilai, pemerintah sudah banyak meluncurkan program sebagai upaya penanggulangan kemiskinan, seperti program jaring pengaman sosial, bantuan langsung tunai, program keluarga harapan, program penanggulangan kemiskinan perkotaan, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement