Selasa 07 Jun 2011 12:07 WIB

KBRI Kuala Lumpur Buka Pendaftaran Masuk Universitas Terbuka

Red: Siwi Tri Puji B
universitas terbuka
Foto: .
universitas terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia akan membentuk tim pendaftaran masuk Universitas Terbuka bagi masyarakat Indonesia yang berada di negeri ini termasuk tenaga kerja dari tanah air yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

Menurut Rusdi , penyelenggaraan UT diharapkan bisa terlaksana untuk tahun ajaran baru 2011 dan para calon mahasiswa bisa mendaftarkan melalui jaringan internet. "Kita berharap bulan Juli ini sudah bisa di mulai pendaftarannya," kata Rusdi.

Untuk memperlancar program UT ini, pihak atase pendidikan akan berkoordinasi dengan atase ketenagakerjaan guna mensosialisasikan program tersebut kepada para pekerja Indonesia di wilayah semenanjung ini.

Selain itu, KBRI juga akan berkoordinasi dengan UT Batam terkait mekanisme pendidikan ataupun pola pendaftarannya. Sementara itu, mengenai tempat ataupun kelas untuk pelaksanaan tutorial mata kuliah yang perlu adanya pertemuan, tempatnya direncanakan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK). "Untuk tutorial sejumlah mata kuliah dan ujiannya bisa di SIK, bahkan nantinya posko UT juga disiapkan di SIK," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati menyatakan pihak UT siap menampung lulusan SMA, SMK dan bahkan mereka yang telah lulus pendidikan paket C yang ada di Kuala Lumpur. "Silahkan daftarkan diri. Kami siap menampungnya," kata Tian.

Menurut dia, UT secara resmi telah membuka penerimaan calon mahasiswa dari warga yang tinggal di Kuala Lumpur untuk semester II tahun 2011 sebagai bagian memberikan pelayanan dalam menyediakan sarana pendidikan kepada warga negara Indonesia yang berada di luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement