Jumat 17 Jun 2011 09:34 WIB

Libur Menjelang, Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Penumpang

Red: Siwi Tri Puji B
Suasana di Pelabuhan Merak.
Foto: seputarforex.com
Suasana di Pelabuhan Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Pelabuhan Merak, Banten mulai dipadati penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan, yang hendak menuju Pulau Sumatera, sehubungan liburan sekolah.

"Diperkirakan masa liburan sekolah penumpang meningkat sekitar 40 persen dibanding hari-hari biasa," kata Uta, petugas pendataan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Merak, Jumat.

Menurut dia, penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung mengalami peningkatan sejak Kamis (16/6) sore.

Meski terjadi peningkatan penumpang, tetapi penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal. Saat ini Kapal Ro-Ro yang dioperasikan sebanyak 23 armada dan dilayani di lima dermaga serta setiap 15 menit diberangkatkan ke Pelabuhan Bakauheni.

"Selama ini pelayanan penyeberangan relatif normal, walaupun terjadi peningkatan penumpang," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 30.000 sampai 32.000 penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan, sebab pada hari normal berkisar 22.000 sampai 24.000 penumpang.

Dengan meningkatnya penumpang, pihak PT ASDP Merak memberikan keamanan juga pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang angkutan penyeberangan.

Sementara itu, seorang penumpang pejalan kaki mengatakan, selama ini pelayanan PT ASDP Merak cukup bagus karena saat datang di pelabuhan langsung naik ke atas Kapal Ro-Ro untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

Selain itu juga pembelian tiket berjalan tertib dan tidak saling desak-berdesakan. "Saya berharap pelayanan yang sudah bagus itu perlu dipertahankan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement