Senin 08 Aug 2011 06:58 WIB

ASDP Bakauheni Siapkan Dermaga Khusus Kendaraan Roda Dua

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto mengatakan, pihaknya akan menyiapkan dermaga khusus untuk penyeberangan penumpang kendaraan roda di pelabuhan tersebut pada saat angkutan Lebaran 2011.

"Dermaga tersebut disiapkan untuk antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang kendaraan sepeda motor yang harus segera menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten," katanya di Bakauheni, Lampung, Senin.

Dia menjelaskan, dermaga tersebut akan ditentukan antara dermaga I sampai III yang cukup mendukung untuk antre kendaraan tersebut, sedangkan roda IV dan V masih minim fasilitas penumpang sehingga tidak memungkinkan untuk antre pengendara roda dua.

Heru menjelaskan, pengendara sepeda motor harus diberikan layanan penyeberangan optimal karena sembari beristirahat untuk melakukan perjalanan jauh yang beresiko tinggi.

Meskipun belum melonjak, katanya, penumpang kendaraan roda dua akan tetap diprioriaskan agar lebih nyaman saat berada diatas kapal dan biasanya berada di dek atas tanpa harus berhimpitan dengan kendaraan muatan lainnya.

"Sepeda motor juga kami dahulukan naik dan turun dari kapal," katanya menambahkan.

Dia memprediksi lonjakan kendaraan roda dua hanya akan terjadi pada arus balik saja, sedangkan pada arus mudik tidak begitu signifikan, meskipun sudah terjadi peningkatan volume kendaraan roda dua.

Pada tahun 2010, katanya, lonjakan arus kendaraan roda dua hanya terjadi pada tiga hari sesudah (H+3) Lebaran yang jumlahnya mencapai 9.604 unit , sedangkan saat arus mudik tergolong sedikit, terjadi pada H-5 sebanyak 1.065 unit. "Saat arus mudik belum ada peningkatan signifikan arus kendaraan sementara saat arus balik langsung meningkat tajam," katanya.

Menurutnya, hal ini terjadi karena sebelum Lebaran pemudik roda dua sudah berangkat lebih awal atau jauh-jauh hari karena menghindari kemacetan di perjalanan karena sebagian besar berboncengan dengan keluarga.

Dia memperkirakan, jumlah penumpang kendaraan roda dua atau motor yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni tujuan Merak Banten diperkirakan akan meningkat 10 persen mencapai 60.000 unit pada saat arus mudik-balik Lebaran.

Pada tahun 2009, jumlah kendaraan yang menyeberang mencapai 53.521 unit, tahun 2010 mencapai 55.816 unit, dari jumlah tersebut pada tahun ini diprediksikan akan mencapai 60.000 unit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement