Senin 21 Nov 2011 13:48 WIB

Ratusan Warga Papua Turun ke Jalan, Abepura Macet

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Warga Papua
Foto: Antara foto
Warga Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Ratusan warga Papua yang menamakan diri sebagai Solidaritas Kemanusiaan Rakyat Bangsa Papua (SKRBP) berunjukrasa di depan Kantor Pos Abepura, ruas jalan yang menghubungkan kota itu dengan Sentani.

Unjukrasa menyebabkan arus lalu lintas di ruas Abepura-Sentani, yang juga merupakan jalan menuju bandar udara, Senin (21/11) siang macet.

Wartawan ANTARA di Abepura melaporkan bahwa sebelumnya sekelomok pendemo SKRPB itu hanya terdiri dari puluhan orang yang datang dari Expo-Waena, tetapi kemudian simpatisan dan mahasiswa ikut bergabung hingga jumlahnya menjadi ratusan orang.

Dan menyebabkan pengguna jalan tidak bisa leluasa mengemudikan kendaraannya karena sebagian jalan digunakan para pendemo.

Ratusan pendemo SKRPB sendiri saat ini tengah siap menggunakan truk dan kendaraan roda dua ke DPRP Papua di pusat Kota Jayapura yang terletak sekitar 10-13 kilometer dari Abepura, lengkap dengan atribut demo seperti bendera dan pamflet.

"Kami minta pak SBY datang ke Papua, selesaikan sejumlah masalah yang ada," kata salah satu pendemo.

Sementara itu, nampak puluhan anggota Polisi dari Polres Jayapura Kota dan Brimob berjaga-jaga di Expo-Waena dan Abepura. Namun, situasi itu tidak mempengaruhi aktivitas sejumlah pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainya yang ada di Abepura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement