Sabtu 26 Nov 2011 23:54 WIB

Tutup Tahun Hijriyah, Masjid Sunda Kelapa Gelar Iktikaf Bersama

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
masjid sunda kelapa
masjid sunda kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA - Menyambut tahun baru 1433 Hijriyah, masjid agung Sunda Kelapa gelar iktikaf akbar, Sabtu (26/11). Ratusan jamaah mengikuti iktikaf yang terdiri dari senandung istighfar, shalat taubat dan tadarus bersama. Di penghujung malam, jamaah bersama memanjatkan doa akhir tahun, memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan di tahun sebelumnya.

Dalam ceramah iktikaf, Ustaz Das'ad Latif mengingatkan sejarah hijrah nabi 1433 tahun lalu. Ustaz asal Makasar ini menceritakan kisah Rasul ketika pindah dari Makkah (dulu Hijaz) ke Madinah (dulu Yasrib).

"Saat Rosul sampai di Madinah, beliau berceramah tentang kunci bahagia dunia akhirat," kata dia. Ustaz Latif berpesan agar para jamaah rajin menuntut ilmu pengetahuan, sedekah, menghaluskan tutur kata, sambungkan persaudaraan dan sering shalat malam.

"Itu hal-hal yang perlu dilakukan agar kita bahagia dunia akhirat seperti yang dipesankan oleh Rosul dalam ceramahnya," katanya.

Sementara untuk  memperingati pergantian tahun baru masehi pada 31 Desember nanti, masjid agung Sunda Kelapa juga akan mengadakan iktikaf khusus untuk para remaja.

"Anak-anak akan jauh lebih baik berada dari pada menutup tahun baru di jalanan atau di mall atau tempat yang resikonya lebih besar," kata ketua masjid, Aksa Mahmud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement