Rabu 14 Dec 2011 17:26 WIB

JK: Potensi Jabar Besar, tapi Semangatnya Kurang

Rep: Friska Yolandha/ Red: Djibril Muhammad
Jusuf Kalla (tengah)
Foto: Antara/Reno Esnir
Jusuf Kalla (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengatakan Jawa Barat merupakan daerah yang potensinya terbesar di Indonesia. Jawa Barat memiliki sumber daya manusia (SDM) yang melimpah serta infrastruktur terbaik.

"Yang kurang adalah semangatnya," ujarnya ketika menjadi pembicara dalam diskusi pada rapat pimpinan provinsi IV Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat di Savoy Homann, Bandung, Rabu (14/12).

Berbicara mengenai sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, hubungannya adalah dengan pendidikan. Jawa Barat merupakan sumber pendidikan terbaik di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Artinya, kata dia, Jabar adalah penghasil SDM terbaik.

Banyak penelitian yang dilakukan di Jawa Barat yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa. Dan ada dua teknologi yang mampu mengubah ekonomi dunia ada di Jawa Barat, IT dan transportasi. "Apa lagi yang dibutuhkan oleh Jawa Barat?" tanya JK retoris.

Rezeki Tuhan yang hanya dimiliki Indonesia adalah matahari. Di negara-negara lain tidak semua bisa mendapatkan cahaya matahari sepanjang tahun. Apabila kemampuan ini bisa dikelola oleh masyarakatnya, maka negara pun akan maju.

JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, mengimbau seharusnya masyarakat di Jawa Barat tidak perlu takut menghadapi masalah infrastruktur yang dianggap tidak memadai. "Kalau Jawa Barat saja masih ragu pada dirinya, bagaimana dengan daerah yang lain.

Seharusnya Jawa Barat adalah daerah terakhir yang mengeluh soal infrastruktur," kata Kalla mengingatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement