Kamis 01 Mar 2012 03:32 WIB

Tekuk Kuwait, Korsel Melenggang ke Kualifikasi Terakhir Zona Asia

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Korea Selatan mengalahkan Kuwait melalui dua gol di babak kedua pada Rabu, untuk memastikan tempat mereka di kualifikasi putaran terakhir zona Asia untuk Piala Dunia Brazil 2014.

Korsel, semi finalis Piala Dunia 2002, datang ke pertandingan tersebut dengan membutuhkan setidaknya hasil imbang untuk mengamankan jalan melaju ke putaran selanjutnya, dan gol yang dibukukan Lee Dong-Gok dan Lee Keun-Ho memastikan mereka menjadi pemuncak Grup B.

Lebanon bergabung dengan Korsel pada undian untuk putaran berikutnya, yang akan dilakukan di Kuala Lumpur pada 9 Maret, setelah mengunci posisi kedua di grup meski secara mengejutkan kalah 2-4 dari Uni Emirat Arab.

Membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak selanjutnya, Kuwait memulai pertandingan di Seoul dengan agresif, secara konsisten mereka meneror tuan rumah dengan permainan operan cepat, dan tuan rumah harus berterima kasih pada kiper Jung Sung-Ryong yang sukses mengamankan gawangnya.

Gelandang Kuwait, Waleed Ali, melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti pada menit ketujuh, memaksa Jung melakukan penyelamatan dengan meninju bola, sebelum sepakan Bader Al-Mutwa berakhir di tangan sang kiper pada menit ke-60.

Namun bintang liga Korea, Lee Dong-Gok lah yang berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-65, ia melesakkan gol kelima dari empat pertandingan melawan Kuwait sepanjang karirnya ketika tim tamu gagal mengamankan bola liar.

Enam menit kemudian, Choi Hyo-jin menemukan Lee Keun-Ho di dalam kotak penalti setelah mencuri bola dari pertahanan Kuwait, dan sang penyerang membuat timnya unggul dua gol.

Jika Korsel berhasil tampil di Brazil, maka itu adalah penampilan kedelapan berturut-turut di putaran final Piala Dunia, dan yang kesembilan kali secara keseluruhan, demikian AFP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement