Senin 05 Mar 2012 15:18 WIB

Inilah 5 Mitos Kolesterol yang Menyesatkan (2)

Red: Endah Hapsari
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)
Foto: PIERREDEJAGER
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda berpikir sudah tahu segala hal soal kolesterol, ternyata ada beberapa hal yang mungkin mengejutkan. Cobalah simak sejumlah mitos soal kolesterol tinggi yang menyesatkan berikut ini:

Makanan baik untuk kesehatan jantung bila mengklaim 'kolesterol 0 mg'

Porsi kolesterol yang tertulis dalam label nutrisi hanyalah satu hal yang dapat ditemukan dalam makanan yang bisa menyebabkan kolesterol Anda melonjak. Selain kolesterol, ada pula asupan makanan yang harus diwaspadai seperti lemah jenuh yang dapat ditemukan dalam daging atau makanan olahan susu. Tak ketinggalan, ada pula lemak trans yang ditemukan dalam makanan kemasan. Inilah yang punya dampak lebih besar untuk memicu kehadiran kolesterol LDL atau disebut pula kolesterol jahat yang menyebabkan masalah jantung.

Kolesterol selalu buruk

Ketika mendengar kata 'kolesterol', banyak orang yang berpikir hal ini adalah buruk. Seperti banyak hal dalam hidup kita, realitas biasanya lebih kompleks. Kolesterol tinggi memang berbahaya. Namun, kolesterol itu sendiri sangat penting untuk berbagai proses tubuh, mulai dari memicu pertumbuhan sel saraf di otak hingga membangun struktur dalam sel membran.

Karena itulah tubuh selalu menghasikan zat putih dan lunak karena sekitar tujuh persen kolesterol dalam darah dibuat oleh darah dan sel-sel tubuh. Peran kolesterol dalam penyakit jantung juga kerap disalahartikan. Kolesterol beredar di seluruh pembuluh darah oleh yang namanya LDL dan HDL. LDL, dikenal sebagai kolesterol jahat, ternyata juga bukan kolesterol yang bertanggung jawab atas kemungkinan gangguan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement