Jumat 23 Mar 2012 21:07 WIB

Isu Bom Merebak di Bali, Pecalang Perketat Pengamanan Nyepi

Red: Didi Purwadi
Seorang pecalang menjaga objek wisata Pantai Sanur, Bali, pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934, Jumat (23/3).
Foto: Antara
Seorang pecalang menjaga objek wisata Pantai Sanur, Bali, pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934, Jumat (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Penembakan lima perampok yang diduga terkait jaringan teroris dan beberapa kali merebaknya isu teror bom di Bali, membuat petugas keamanan adat atau pecalang memperketat pengamanan Nyepi pada Jumat ini. Mereka tak hanya melarang umat yang hendak melaksanakan Shalat Jumat melintasi batas dusun atau banjar. Tetapi, mereka juga menolak permohonan para wartawan untuk turut memantau dan mengambil gambar dengan berkeliling dusun.

"Ini demi keamanan kita bersama, pecalang diminta bertugas lebih teliti dan waspada, dengan memeriksa tas atau barang bawaan orang yang ditemukan di tempat umum, termasuk yang hendak Shalat Jumat tadi," kata Wayan Sutha, Kelian Banjar/Kepala Dusun Teruna Sari, Dauh Puri Kaja, Denpasar.

Didampingi Made Subagiyo, Ketua Pecalang Banjar Teruna Sari, dia menjelaskan bahwa peningkatan pengamanan itu sebelumnya telah dibahas antarpejabat terkait, termasuk antara unsur adat dengan perwakilan umat lainnya. Ketika wartawan Antara meminta untuk ikut memantau keliling dusun, Wayan Sutha dengan ramah menyarankan agar kalau perlu menemui dirinya di kantor Banjar Teruna Sari saja.

Sebelumnya para wartawan yang mengajukan permohonan untuk memantau suasana Nyepi bersama pecalang di Desa Adat Kuta dan beberapa tempat lainnya, juga tidak dikabulkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement