Selasa 24 Apr 2012 08:22 WIB

The Mirror Never Lies Ambil Bagian di Festival Flm Beijing

Red: Hazliansyah
The Mirror Never Lies
The Mirror Never Lies

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Film The Mirror Never Lies terus menunjukkan prestasinya di dunia internasional. Kali ini, film yang mengangkat kehidupan masyarakat suku Bajo, Sulawesi Tenggara ini menjadi satu dari 280 film yang diputar dalam Festival Film Beijing. 

Sebanyak 280 judul film lokal dan mancanegara akan diputar di Festival Film Internasional Kedua Beijing yang berlangsung 23-28 April 2012.

Pembukaan perhelatan insan film Negeri Tirai Bambu itu digelar di China National Convention Center, Beijing, Senin malam.

Festival Film Internasional Beijing akan menyeleksi 260 judul film lokal dan 20 film mancanegara termasuk satu judul film Indonesia "The Mirror Never Lies" garapan sutradara Kamila Andini.

Cuplikan ke-280 film itu ditampilkan sebagian di tiga layar lebar diiringi dengan tarian yang dibawakan penari, yang menggambarkan asal film tersebut.

Wakil Menteri Administrasi Radio, Film dan Televisi China Li Wei mengatakan film merupakan media budaya yang dapat mempersatukan seluruh masyarakat dari berbagai bangsa.

"Film telah mempersatukan kita dalam 'event' ini kita bisa bersama disini," katanya dalam pembukaan perhelatan itu.

Wei mengatakan sebagai bagian dari dunia, perfilman China telah berhasil menampilkan dan menjadi saksi berkembangnya karateristik, budaya Negeri Tirai Bambu.

"Satu sama lain, unsur kebudayaan saling melengkapi memberikan kontribusi positif bagui perkembangan kebudayaan global," katanya menambahkan.

Wei mengemukakan seiring dengan reformasi dan keterbukaan budaya China, muncul pertumbuhan industri film China yang semakin meningkat pula.

"Selama 2011 telah 558 judul film 'feature', dokumenter, animasi, fiksi dan lainnya yang diproduksi," ungkapnya menambahkan.

Beijing, lanjut dia, telah menjadi pusat perfilman China dengan sumber daya yang solid, dan dasar pasar yang kuat.

"Kedepan Beijing akan menjadi pusat perfilman nasional dan internasional sekaligus memberikan kontribusi bagi perkembangan budaya global," katanya.

Festival Film Internasional Beijing akan menyeleksi 260 judul film lokal dan 20 film mancanegara termasuk satu judul film Indonesia "The Mirror Never Lies" garapan sutradara Kamila Andini.

Hadir dalam perhelatan itu, peraih beberapa penghargaan Academy Award James Cameron yang antara lain menyutradarai "Titanic" dan "Avatar".

Pembukaan festival film internasional Beijing diselenggarakan dengan menampilkan beberapa tarian tradisional China dan budaya negeri tersebut.

Selain "The Mirror Never Lies" dari Indonesia, sejumlah film mancanegara yang akan ditampilkan antara lain "The Lord Of Te Rings", "Mission Imposible" dan "The Ice Age".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement