Sabtu 12 May 2012 03:07 WIB

Deteksi Kanker Payudara dengan 3D Sonomamogram

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Kanker Payudara/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Kanker Payudara/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker payudara selalu membayang-bayangi perempuan. Banyak perempuan yang tidak tahu atau bahkan terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit mematikan ini. Untuk itu, kesadaran untuk melakukan deteksi dini mutlak diperlukan. Metode yang paling gampang, adalah dengan metode SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Kanker payudara, menurut ahli bedah onkologi dari RS Pondok Indah, Dr Sonar Sonny Panigoro SpB Onk, adalah ketidaknormalan pertumbuhan sel dalam jaringan payudara. Kanker ini bisa bermula dari sel-sel yang melapisi saluran kecil yang membawa susu dari kelenjar air susu ke puting (duktus), atau juga dari kelenjar produksi air susunya (lobulus). “Gejala fisik yang terlihat adalah benjolan, walaupun tidak semua benjolan adalah kanker, tapi perlu diwaspadai,” ujarnya.

Selain melakukan deteksi dini dengan metode SADARI, para perempuan juga sebaiknya memeriksakan dengan metode medis. Teknologi medis tercanggih yang kini tersedia untuk mendeteksi kanker payudara ini, adalah dengan 3D Sonomamogram.

“Ini adalah alat pencitraan terbaru dengan teknologi ultrasound 3D untuk memperoleh, menganalisis, dan melaporkan volume anatomi payudara secara rinci,” ujar Kepala Radiologi RS Pondok Indah, Dr Adji Saptogino. Alat ini sudah tersedia di beberapa Rumah Sakit besar di Indonesia, termasuk RS Pondok Indah.

3D Sonomamogram juga biasa disebut dengan Automatic Breast Volume Scanner. Alat ini, menurutnya mampu memberikan hasil gambar payudara lengkap secara tiga dimensi dan komprehensif. “Pemeriksaannya pun hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, 15 menit saja,” paparnya.

Pencitraan yang dihasilkan mencakup seluruh anatomi koronal payudara, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan dengan teknologi konvensional. Gambaran yang lebih lengkap dan deteksi kanker payudara yang lebih akurat, bisa didapatkan dengan pemeriksaan menggunakan mesin ini. “Hasil diagnosa akan lebih akurat dan detil jika melakukan pemeriksaan dengan teknologi ini,” ujarnya.

Hasil pemeriksaan dengan 3D Sonomamogram ini, akan terekam dalam bentuk Breast Imaging Reporting and Data System (BI-RADS) semi otomatis dan komprehensif. Hasil ini bisa digunakan untuk keprluan klinis, bahkan bisa digunakan di seluruh dunia, karena sudah memenuhi standar internasional. “Untuk melakukan pemeriksaan ini, biaya yang diperlukan Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu,” tambahnya.

Dua dari lima perempuan Indonesia terkena kanker payudara. Dengan melakukan deteksi dini sendiri secara rutin juga menggunakan teknologi 3D Sonomamogram ini, banyak nyawa akan terselamatkan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement