Jumat 18 May 2012 22:19 WIB

Pelihara Hutan Bakau, Puluhan Mahasiswa IPB Diterjunkan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Hutan Bakau
Foto: Wikipedia
Hutan Bakau

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Sebanyak 75 mahasiswa Institut Pertanian Bogor dilibatkan dalam penanaman sekaligus pemeliharaan hutan bakau atau mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk, Jakarta Utara. "Para mahasiswa itu adalah penerima beasiswa dari Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui Karya Salemba Empat (KSE)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Koesmaryono di Bogor, Jumat (18/5).

Ia menjelaskan, PT PGN (Persero) Tbk bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengadakan penanaman mangrove pada 47 "guludan" di kawasan hutan tol Sedyatmo, Angke Kapuk, Jakarta.

Aksi penanaman bertema "Hijau Negeriku, Lestari Alamku" itu dilakukan dalam rangkaian dukungan bagi program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ia mengemukakan bahwa penanaman mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk itu menggunakan teknik "guludan" yang dikembangkan oleh pakar mangrove IPB Prof Cecep Kusmana. "Saya ucapkan terima kasih kepada Prof Cecep Kusmana yang menciptakan inovasi 'guludan', sehingga dengan penemuan itu, kita dapat merehabilitasi tanaman kita," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud untuk merehabilitasi ekosistem hutan bakau di wilayah pesisir Angke Kapuk, Jakarta agar ekosistem di wilayah tersebut dapat berfungsi optimal dalam perlindungan lingkungan pesisir.

Menurut dia, hal tersebut bertujuan memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir di sekitar Angke Kapuk khususnya dan masyarakat pesisir DKI Jakarta pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement