Rabu 06 Jun 2012 13:40 WIB

Hingga Kini, 448 Bangunan Tercatat Rusak Diguncang Gempa

Red: Yudha Manggala P Putra
Gempa bumi di Sukabumi
Gempa bumi di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi mencatat hingga kini sebanyak 448 bangunan diketahui rusak akibat gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter pada Senin (4/6).

"Kerusakan paling banyak di Kecamatan Cidolog, dan sampai sekarang sudah 12 kecamatan yang melaporkan ada bangunan baik rumah maupun fasilitas lainnya rusak akibat gempa tersebut," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi Tatang di Sukabumi, Rabu (6/6).

Ia mengatakan, berdasarkan data BPBD, bangunan rusak ringan tercatat 272 unit, rusak sedang 153 unit dan rusak berat 19 unit, Masjid Agung di Kecamatan Cidolog, madrasah dan pondok pesantren di Kecamatan Sagaranten serta mushala di Kecamatan Surade yang rusak ringan.

"Data ini masih sementara dan kerugian belum bisa ditaksir karena masih terus berubah," ujarnya.

Menurut dia, hingga Rabu (6/6) siang baru 12 dari 47 kecamatan yang melaporkan ada kerusakan bangunan, yakni Cidolog, Tegalbuleud, Nyalindung, Surade, Warungkiara, Cidadap, Parungkuda, Palabuhanratu, Ciemas, Simpenan, Sagaranten dan Pabuaran.

"Bantuan dari Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat mulai disalurkan kepada para korban bencana gempa ini," kata Tata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement