Sabtu 09 Jun 2012 12:38 WIB

Seribu Anak akan Meriahkan Jakanarval 2012

Rep: Ira Sasmita/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kendaraan melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Rabu (31/8).
Foto: Republika /Agung Supriyanto
Kendaraan melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Rabu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH – Memeriahkan kegiatan Jakarnaval 2012, seribu anak negeri akan dilibatkan dalam acara tersebut. Mereka akan tampil menggunakan kostum karnaval bermotif batik nusantara dari Solo, Jawa Tengah, pada Ahad (10/6).

Jakarnaval 2012 merupakan kegiatan tahunan yang digelar dalam memeriakan hari ulang tahun (HUT) kota Jakarta yang ke – 485. Karnaval ini melibatkan banyak mobil hias yang akan berlangsung selama tiga jam, dimulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Arak-arakan mobil hias akan dimulai dari depan  Balaikota DKI Jakarta  di Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian melewati Jalan MH Thamrin atau Bundaran HI. Dan berakhir di Silang Monas Barat Daya.

Tinia Budiati, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, menyampaikan gelaran tahunan ini akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Karnaval mobil hias, selanjutnya akan disambung dengan panggung hiburan rakyat Betawi di Silang Monas Barat Daya.

Hiburan seperti Gambang Kromong, Lenong Betawi, dan atraksi komunitas akan memeriahkan acara ini  hingga pukul 22.00 WIB. Beberapa komunitas di antaranya Motor Antik, Harley Davidson, Sepeda Fixie, dan Korea Cover Dance.

Selain peserta dari DKI Jakarta, kata Tinia, Jakarnaval 2012 juga melibatkan perwakilan dari provinsi yang ada di Indonesia, seprti Aceh, Jawa Barat, Papua, dan Jambi. Sekitar 3.151 orang yang terdiri dari 148 unit motor, 140 sepeda, 66 unit mobil dan 25 mobil hias akan meneyemarakkan kegiatan tersebut. “Meningkat disbanding tahun 2011 yang hanya diikuti 2.575 orang,” ujar Tinia, Sabtu (9/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement