Advertisement
Advertisement

In Picture: Santri Indigo Cianjur (2): Santri Nge-Blog dan Berbisnis Online?

Sabtu 16 Jun 2012 20:51 WIB

Red: Miftahul Falah

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Jum'at (15/6) merupakan hari kedua sekaligus hari terakhir event Santri Indigo yang bertempat di Pesantren Al-Ittihad. Selain diajak untuk menyelami dunia blog, para peserta pun akan diarahkan secara langsung untuk menjadi Blogger.

Di awal hari kedua, para santri memperoleh ilmu seputar teknik penulisan kreatif sekaligus pembuatan blog yang dibawakan oleh Miftahul Falah, salah seorang Redaktur Republika Online. Diawali pancingan agar peserta punya motivasi untuk membuat postingan blog, hingga berbagi pengalaman pribadi aktif di komunitas online agar peserta tertarik untuk bersosialisasi di dunia maya. 

Setelah itu, barulah peserta diajak menyelami dunia blog. Mulai dari cara membuat email di Yahoo, hingga runutan proses pembuatan sebuah blog di Blogger.com.

Menjelang siang, Pemilik sekaligus Direktur Gantibaju.com Aria Rajasa tak ingin ketinggalan turut memeriahkan event ini. Mas Aria berbagi pengalamannya ketika membangun dan mengelola Gantibaju.com. Siapa sangka, peraih IYCE Awards 2011 di kategori fesyen ini justru mengaku tidak bisa mendisain, sehingga tercetuslah ide untuk menerima dan mengelola karya disain secara outsource.

Materi inspirasi blog dipaparkan oleh Bang Zenk, Owner WebDijual.com sekaligus Momod Adsense-id, usai Sholat Jum'at. Beliau pun menuturkan bagaimana perjalanan hidupnya semasa kecil ketika harus hidup dengan mengasong, hingga akhirnya mengenal dunia online. Tanpa sungkan, beliau pun memaparkan aneka rumus canggih mengubah blog menjadi kran penghasil uang.

Pak Deden selaku perwakilan Telkom, dalam kesempatan yang sama memaparkan tentang upaya Telkom untuk mengisi dan mengakomodir konten-konten Islami melalui web speedy taqwa. Di web tersebut, para santri nantinya dapat membuat blog, bersosialisasi, bahkan melakukan transaksi jual beli.

Materi terakhir diisi oleh Mohamad Afif dari Republika Online, mengenai Tips dalam Membuat Postingan Blog serta cara mengoperasikan Blog Republika. Tindak lanjut dari event ini, para peserta diminta untuk mengelola akun Blog Republika mereka masing-masing untuk diperlombakan selama 3 bulan ke depan, memperebutkan hadiah utama berupa PC Tablet. Wow!

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

Ikuti Berita Republika Lainnya