Ahad 15 Jul 2012 02:44 WIB

Parade Seni HUT Jateng Berlangsung Meriah

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Hazliansyah
Aksi kelompok kesenian perwakilan dari Kabupaten Magelang pada Parade Seni dan Budaya untuk memperingati HUT Ke-61 Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Sabtu (23/7). Parade yang diikuti sebanyak 35 tim kesenian dari kabupaten/kota se-Jateng itu akan mempereb
Foto: Antara
Aksi kelompok kesenian perwakilan dari Kabupaten Magelang pada Parade Seni dan Budaya untuk memperingati HUT Ke-61 Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Sabtu (23/7). Parade yang diikuti sebanyak 35 tim kesenian dari kabupaten/kota se-Jateng itu akan mempereb

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Parade seni budaya dalam rangka memperingati ulang tahun Jateng ke-62 berlangsung sangat meriah. Seluruh kabupaten/kota menampilkan budaya khas daerah menunjukkan betapa kayanya seni budaya provinsi Jawa Tengah.

Ribuan warga tumpah di Jalan Pahlawan, lokasi parade HUT Jateng tersebut. Meski berakhir hingga tengah malam, warga tetap antusias mengikuti parade sejak dimulai pukul 19.30. Salah seorang pengunjung, Ilya (20 tahun) mengaku senang sekaligus kagum dapat menyaksikan parade yang menampilkan seni 35 kab/kota di Jateng.

"Baru di Jateng aja (seni dan budaya) sudah bayak kaya gini. Apalagi se-Indonesia," tuturnya.

Tak hanya warga, turis asing pun ikut berdesakkan menyaksikan parade tersebut. Jule (28 tahun) salah satunya. Menurut turis asal Jerman tersebut, parade tersebut sangat indah.

Menurutnya, parade semacam itu pun dapat ditemui di negaranya, namun parade di Indonesia ini lebih indah. Bahkan dia pun memfavoritkan salah satu seni kabupaten yang tampil, Demak. "It's very nice. In my country, there's "Fasohing" in February. But different, it's more smile here," ujarnya.

Kegembiraan pun dirasakan oleh para peserta. Meski lelah, mereka mengaku bangga dapat mewakili daerahnya. "Senang. Kita latihan terus tiga minggu buat nyiapin ini mbak. Bangga. Apalagi wagub Jateng (Bu Rustriningsih) orang Kebumen," ujar Salah satu peserta dari Kebumen, Yanita (19 tahun).

Parade diikuti 35 kontingen kabupaten/kota di Jateng dengan masing-masing kontingen menampilkan 60 hingga 90 seniman. Kemeriahan parade tersebut pun dimeriakan dengan aksi seni dari NTB. Tak hanya itu, acara dibuka dan ditutup oleh marching band dari TNI AU dan SMA Taruna Nusantara pun melengkapi keriuhan acara.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Jateng, Prasetyo Aribowo mengatakan, acara tersebut digelar tak hanya untuk memperingati HUT Jateng ke-62. Namun juga untuk melestarikan seni dan budaya daerah.

"Bertujuan untuk membina dan melestarikan kebudayaan derah agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Serta mendorong peningkatan kreatifitas seni untuk menjadi unggulan menjelang visit Jateng 2013," ujarnya.

Gubernur Jateng, Bibit Waluyo dalam sambutannya berharap terdapat kreasi seni baru dari parade tahun ini. Gubernur pun berharap parade menjadi ikatan kebersamaan antar kabupaten/kota di Jateng.

"Kreasi baru sangat saya harapkan. Dengan ini potensi seni semakin baik, memberi kesan yangenyenanglan dan membahagiakan. Semog semakin baik dari waktu ke waktu," kata Bibit.

Afriza Hanifa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement