Jumat 20 Jul 2012 21:07 WIB

Wah, Artis Ini Rela Sumbang Obama 1 Juta Dolar AS

Red: Endah Hapsari
Morgan Freeman
Morgan Freeman

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES---Morgan Freeman menjadi selebriti Hollywood teranyar yang menyumbang kampanye Barack Obama untuk periode kedua masa jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat, kata juru bicaranya.

Aktor pemenang Oscar itu memberikan dana bantuan sebesar 1 juta dolar AS kepada Priorities USA Action, bagian dari tim kampanye resmi Obama.

Freeman juga memuji pencapaian dan keberhasilan Obama dalam menjalankan tugasnya menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat sejak memenangkan pemilihan umum empat tahun lalu.

"Presiden Obama telah melakukan pekerjaan hebat dalam keadaan yang sulit," kata Freeman, seperti dikutip juru bicaranya Stan Rosenfeld.

"Dia mengakhiri pertempuran di Irak, meletakkan perubahan di Wall Street, menyelamatkan industri otomobil dan memastikan pelayanan kesehatan bagi setiap warga Amerika Serikat," katanya.

"Dia telah memimpin bangsa kita menjadi lebih toleran dan menempatkan perempuan-perempuan hebat di Mahkamah Agung," tambah Freeman yang memenangkan Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik pada 2005 untuk perannya dalam film "Million Dollar Baby".

Bill Burton, pimpinan Priorities USA Action dan mantan wakil juru bicara Gedung Putih Obama, berterima kasih atas "kemurahan hati" Freeman dalam akun jejaring sosial, twitter, yang mengaitkannya dengan sejumlah kisah tentang sumbangan terhadap tim kampanye itu.

Sejumlah donor lain untuk Priorities US Action antara lain adalah bos Dreamworks Animation Jeffrey Katzenberg, yang menyumbang 2 juta dolar AS tahun lalu dan sutradara Steven Spielberg yang menyumbangkan 100 ribu dolar AS, menurut laman opensecrets.org.

Komedian AS Bill Maher pada Februari mengumumkan bahwa dia telah menyumbang 1 juta dolar AS untuk mendukung super PAC Obama.

Pernyataan Freeman dalam suatu wawancara radio baru-baru ini yang menyebut bahwa Obama bukan presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat telah memancing perdebatan dan kritik.

"Presiden berkulit hitam pertama Amerika Serikat belum muncul. Dia bukan presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama. Dia presiden ras campuran pertama Amerika Serikat," katanya kepada Radio Public Nasional. Ayah Obama berkebangsaan Kenya sedangkan ibunya merupakan wanita kulit putih Amerika Serikat.

Freeman dikenal publik luas melalui sejumlah film box office Hollywood antara lain "Driving Miss Daisy" pada tahun 1989, "Invictus" pada 2009 -- yang mana ia memerankan Nelson Mandela -- dan baru-baru ini film "Dark Knight".

Aktor Afrika Amerika itu juga pernah berperan sebagai Presiden Amerika Serikat dalam film bencana "Deep Impact" di tahun 1998. Film itu berkisah tentang perjuangan seorang pemimpin menghentikan komet yang bergerak menuju Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement