Kamis 26 Jul 2012 22:24 WIB

Danjen Kopassus Puji Prajuritnya Cegah Upaya Pemerkosaan

Red: Hazliansyah
Pasukan Kopassus, ilustrasi
Foto: Jafkhairi/Antara
Pasukan Kopassus, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi kepahlawanan prajurit Kopassus, Serda Nicolas Sandi Harewan menggagalkan upaya pemerkosaan, mendapat pujian dan menjadi tema utama dalam pidato pisah sambut Komandan Jenderal Kopassus dari Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya kepada Mayjen TNI Agus Sutomo.

Bahkan, aksi heroik Nicolas itu mendapatkan penghargaan yang diserahkan oleh mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya yang akan digeser menjadi Pangdam IX/Udayana, Bali, di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis.

"Nicolas ini badannya kecil, tetapi nyalinya besar," kata Wisnu saat menyerahkan penghargaan.

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus itu meminta kepada seluruh prajurit untuk mencontoh keberanian Nicolas. Aksi Nicolas merupakan contoh nyata sikap prajurit Kopassus yang ramah, bersopan santun, dan membantu kesulitan rakyat di sekitarnya, kata Wisnu yang langsung disambut tepuk tangan para perwira.

Serda Nicolas Sandi Harewan berhasil menyelamatkan karyawati yang nyaris diperkosa di dalam angkot di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Senin (23/7) malam. Nicolas mengejar pelaku dengan motor Mio Soul-nya dan sempat beradu mulut dengan penjahat yang berjumlah empat orang.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo dalam pidato pertamanya juga memuji aksi Nicolas dan ia juga beranggapan naluri Nicolas adalah naluri intelijen yang dipadu dengan naluri tempur.

"Dia bisa memakai kedua nalurinya itu untuk membantu masyarakat. Itulah bentuk kepedulian tinggi seorang prajurit Kopassus," kata mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Menurut dia prajurit Kopassus bukan hebat, tapi terlatih, sehingga, seorang Nicolas berani mengambil keputusan untuk menyelamatkan seorang warga yang membutuhkan pertolongan.

"Prajurit Kopasus adalah prajurit pilihan. Prajurit yang mampu melaksanakan tugas dalam situasi apapun, baik di daerah operasi maupun damai. Saya berharap muncul Nicolas-Nicolas lain di kesatuan Kopassus," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement