Ahad 05 Aug 2012 13:38 WIB

Pertama Kali, UT Terima Mahasiswa Baru Lewat Jalur UMB-PT

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Heri Ruslan
universitas terbuka
Foto: .
universitas terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Terbuka (UT), mulai tahun 2012 ini menerima mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Rektor UT, Tian Belawati mengatakan, dari 946 peserta yang mendaftar, telah terjaring 360 orang.

''Kami cukup surprised dengan angka 360-an itu, mengingat ini adalah pertama kalinya UT menerima mahasiswa lewat jalur UMBPT,'' ujar Tian, saat jumpa pers dengan wartawan, akhir pekan lalu di Jakarta.

Penerimaan mahasiswa baru khususnya bagi siswa yang baru taman SMA tiga tahun terakhir, terus disosialisasikan oleh UT. Sebanyak 360 siswa tersebut dijaring melalui 20 wilayah kerja UT Daerah. Menurut Tian, daerah yang terbanyak peminatnya berasal dari Kota Jakarta, Makassar dan Medan. Sedangkan program studi yang paling banyak diminati adalah Akuntansi, Manajemen dan Agribisnis.

Hal yang menggembirakan, menurut Tian, dari 360 mahasiswa baru yang diterima, 230 orang di antaranya menempatkan UT sebagai pilihan pertama mereka. Hal ini menandakan, UT adalah prioritas utama mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Rektor UT mengatakan, bagi mereka yang berhasil lolos seleksi, disediakan beasiswa yang bersumber dari Bidik Misi dan CSR perusahaan mitra UT. Selain menerima 360 mahasiswa yang lolos seleksi jalur UMB-PT, UT juga masih melakukan seleksi sekitar 890 calon mahasiswa melalui seleksi khusus. Menurut Tian, penyerahan beasiswa akan diberikan bertepatan Dies Natalis ke 28 UT, 4 September mendatang.

Terobosan yang dilakukan UT dalam menjaring calon mahasiswa lulusan SLRA, bukan semata untuk meningkatkan jumlah mahasiswa UT saja. Menurut Tian, setiap tahunnya, begitu banyak lululsan SLTA yang tidak dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi karena berbagai alasan.

''Ada yang terhambat karena lokasi kampus yang jauh, mereka harus pindah daerah, dan ini kaitannya ke biaya. Padahal keinginan mereka untuk kuliah sangat tinggi. Disinilah kapasitas UT bertanggungjawab membantu, setidaknya memberikan harapan masa depan yang lebih baik,'' ujarnya.

Setelah memasuki usia ke 28 tahun, UT telah menghasilkan  sekitar 1,2 juta alumni. Pembantu Rektor IV UT, Mohammad Yunus mengatakan, pengakuan terhadap keunggulan dan kekuatam UT sudah berdatangan dari berbagai  pihak, regional, nasional maupun internasional.

Pada masa registrasi 2012,  mahasiswa aktif UT mencapai 585.700. Angka tersebut, termasuk di antara 1314 warga Indonesia yang tersebar di 16 negara. Dari jumlah itu, 93,8 persen adalah mahasiswa yang telah bekerja. Dan 6,32 persen belum bekerja. Sedangkan usia mereka adalah 18-29 tahun sebanyak 45,85 persen, dan usai diatas 30 tahun sebanyak 54,15 persen.

Mahasiswa UT terbanyak memang berasal dari pendidikan keguruan yakni 79,90 persen, sedangkan non keguruan yang terdiri dari fakultas FISIP, MIPA, FEKON dan PPs sebanyak 20,10 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement