Rabu 08 Aug 2012 10:37 WIB

BCA Lepas Saham Rp 700 Miliar

Rep: Nuraini/ Red: Hafidz Muftisany
Bank BCA
Foto: Republika/Wihdan
Bank BCA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bank BCA akan melepas 90,9 juta saham simpanan (treasury stock) melalui skema penawaran umum terbatas (private placement). Dana yang diperoleh dari pelepasan saham itu mencapai 74 juta dolar AS atau setara dengan sekitar Rp 700 miliar.

Saham yang dilepas tersebut mencapai 31 persen dari total saham simpanan BCA sebesar 289,7 juta lembar. Bank BCA melepas saham simpanannya dengan harga Rp 7.700 per saham. Total saham BCA sendiri mencapai 24,6 miliar lembar.

 

Direktur Utama Bank BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan saham yang dijual tersebut merupakan saham yang sebelumnya dibeli kembali (buy back). “Bila tidak dijual sampai dengan akhir Oktober maka akan hangus sesuai ketentuan yang berlaku, “ kata dia, Rabu (8/8).

 

Penjualan saham tersebut tidak mengurangi kepemilikan PT Djarum yang saat ini memegang sekitar 51 persen saham Bank BCA.  Ini karena saham yang dijual merupakan saham simpanan. Saham simpanan Bank BCA dijual kepada lembaga keuangan asing yakni Credit Suisse dan Deutshe Bank.

Dana dari penjualan saham simpanan  akan digunakan untuk menambah modal Bank BCA. Dengan tambahan dana itu, rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank BCA menjadi 14,8 persen. Pada Juni 2012, CAR Bank BCA tercatat mencapai 14,7 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement