Rabu 08 Aug 2012 12:29 WIB

Sering Sakit di Area Jantung, Normalkah?

Red: Miftahul Falah
Terserang sakit jantung
Foto: thetransferfactorindonesia.com
Terserang sakit jantung

Pertanyaan:

Hi dok, saya sering mengalami sakit di daerah jantung. Setelah itu, saya mengalami sesak nafas dan migrain ketika capek dan marah. Apakah itu normal? Terima kasih sebelumnya ya, dok.

Nina, Depok - 32 Tahun

Jawaban:

Dear Mbak Nina yang baik, perlu diketahui bahwa kondisi atas problem nyeri dada dapat dikategorikan dalam 2 macam bentuk, di mana hal tersebut disebabkan oleh kelainan jantung.

Pertama: Nyeri dada yang khas (Angina pectoris) di dada sebelah kiri; Seperti tertekan benda berat, panas terbakar, diperas, dicengkeram. Biasanya menjalar ke bahu kiri-leher sampai rahang kiri - tangan kiri, disertai keringat dingin, mual bahkan muntah. Lama nyeri sekitar 20'. Nyeri ini disebabkan karena penyempitan pembuluh darah jantung (penyakit jantung koroner).

Kedua: Nyeri dada seperti ditusuk, atau seperti nafas terasa tidak lega (bukan sesak), dan tidak disertai dengan gejala lain yang telah disebut di atas. Nyeri jenis ini tidak khas, biasanya disebabkan oleh kelainan katup jantung.

Tidak terdapat hubungan antara migrain/marah dengan sakit jantung. Gejala penyakit jantung terbanyak yakni nyeri dada, sesak nafas dan berdebar-debar. Jika ada keluhan seperti hal tersebut, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jantung. Hal ini karena diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, yaitu EKG, treadmill test dan echocardiography, untuk menentukan apakah keluhan tersebut memang disebabkan oleh penyakit jantung/ tidak.

Semoga dapat membantu ya, bu. Terima kasih, salam sehat (JS)

dr Joeristanti, SpJP

Spesialis Jantung RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement