Jumat 10 Aug 2012 10:32 WIB

Mag Dapat Menyebabkan Hidung Tersumbat?

Red: Miftahul Falah
Flu. Ilustrasi
Foto: frugallawstudent.com
Flu. Ilustrasi

Pertanyaan:

Dok, saya wanita berusia 18 tahun. Saya sering sekali merasa sesak seperti hidung tersumbat seperti orang yang sedang flu, padahal saya tidak sedang flu. Apa ini gejala suatu penyakit? Atau karena efek dari sakit mag? Mohon penjelasannya, Dok. Terima kasih.

Ade Lisza, Mampang - 18 tahun

Jawaban:

Apa kabar Mbak Ade, walaupun berkaitan tapi sesak nafas dan hidung tersumbat bisa merupakan dua hal dari gejala penyakit yang berbeda. Ada beberapa kondisi penyakit, terkait dengan gejala hidung tersumbat. Di antaranya bisa karena rinitis alergi atau secara awam disebut alergi hidung, sinusitis, polip hidung atau tulang sekat hidung bengkok.

Bahkan Reflux asam lambung dalam waktu lama, juga bisa menyebabkan kerusakan di daerah tenggorokan. Salah satu gejalanya sesak, seperti tercekik di daerah leher. Serangan panik juga bisa menyebabkan merasa sesak, serta timbulnya rasa tidak nyaman dalam bernafas.

Gejala yang Mbak Ade rasakan bisa disebabkan banyak hal. Sayangnya, tidak disertakan keterangan apakah ada gejala-gejala yang lain seperti apakah terjadi demam, keluhan persitent atau hilang timbul, lalu adakah perubahan suara atau batuk-batuk lama. Tentunya harus melalui pemeriksaan lebih detil untuk bisa mendiagnosis secara pasti.

Kalau kondisi seperti yang dikemukakan telah berlangsung lama, tidak terjadi perbaikan dan dirasakan mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter THT. Sehingga, dapat diidentifikasi penyebab keluhannya dan dilakukan terapi yang sesuai dengan kelainannya. Semoga jelas dengan penjelasannya ya, Mbak Ade. Salam sehat. (SB)

dr Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL, Mkes

Spesialis THT RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement