Jumat 17 Aug 2012 09:34 WIB

300 Pendaki Peringati HUT RI di Puncak Merapi

Red: Didi Purwadi
Gunung Merapi
Foto: arrosyadi.wordpress.com
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Jumlah pendaki ke puncak Gunung Merapi melalui pintu pendakian Plalangan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, mengalami peningkatan. Mereka mendaki untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Anggota Tim SAR Barameru Desa Lencoh, Samsuri, mengatakan para pendaki tersebut mulai melakukan pendakian ke puncak Merapi pada Kamis (16/8) malam. Mereka dijadwalkan turun pada Jumat siang hingga sore hari.

Jumlah pendaki Merapi berkaitan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut sekitar 300 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari biasa yang hanya 15 hingga 25 orang.

Namun, kata dia, jumlah tersebut masih lebih sedikit dibanding saat peringatan kemerdekaan tahun lalu. Jumlahnya mencapai ribuan orang pendaki.

Berkurangnya jumlah pendaki pada tahun ini disebabkan jalur pendakian untuk sementara dilarang. Karena, terdengar suara gemuruh dari puncak pada awal Juli 2012.

Petugas keamanan tidak mengizinkan para pendaki melakukan pendakian ke puncak setelah kejadian tersebut. Namun, para pendaki banyak yang nekat melakukan pendakian karena mereka menilai kondisi Merapi sudah aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement