Urai Kemacetan, Polisi Bandung Patroli Sambil Jalan Kaki

Red: Endah Hapsari

Sabtu 18 Aug 2012 12:43 WIB

  Sejumlah kendaraan para pemudik terjebak di dalam kemacetan di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/8). (Adhi Wicaksono) Sejumlah kendaraan para pemudik terjebak di dalam kemacetan di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Polres Bandung mengoptimalkan patroli jalan kaki untuk mengurai kemacetan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Sabtu.

"Patroli jalan kaki diberlakukan karena kepadatan arus lalu lintas cukup signifikan di Nagreg, hal itu untuk memaksimalkan pengaturan arus lalu lintas karena sulit menembus dengan kendaraan," kata Kapolres Bandung AKBP Sandi Nugroho.

Selain untuk mengurai kemacetan, patroli jalan kaki juga dilakukan petugas untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di tengah-tengah kemacetan.

Patroli jalan kaki selain dilakukan oleh petugas Polantas dan Sabhara, juga sejumlah anggota Brimobda Polda Jabar juga melakukan patroli di jalur yang macet di jalur Nagreg itu.

Kemacetan di jalur selatan Jabar terjadi menyambung dari jalur Cicalengka - Nagreg - Limbangan - Malangbong karena bludakan kendaraan yang signifikan. Sistem tutup buka diberlakukan di jalur itu.

Peningkatan jumlah pemudik di jalur selatan, tidak lepas dari limpahan kendaraan dari jalur Pantura dan jalur tengah yang dialirkan dari Tol Cikampek melalui jalur tol Purbaleunyi ke jalur selatan.

Sementara itu suasana di jalur Nagreg hingga pukul 12.15 WIB masih padat dan terjadi kemacetan akibat jalur Lingkar Nagreg yang mengunci akibat kendaraan yang membeludak.