Ahad 02 Sep 2012 16:38 WIB

Menteri Parekraf Pelajari Industri Kreatif Belanda

Rep: Agus Raharjo/ Red: Dewi Mardiani
Mari Elka Pangestu
Foto: umm.ac.id
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Dalam lawatannya ke Belanda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Mari Elka Pangestu bertemu dengan Menteri Ekonomi, Pertanian, dan Inovasi Belanda, Maxime Verhagen. Dia ke sana untuk belajar mengembangkan sektor pariwisata dan industri kreatif.

Menurut Mari Pangestu, Belanda dinilai telah mantap mengembangkan sektor industri kreatifnya. Sebab, industri kreatif menjadi salah satu sektor dari sembilan sektor unggulan yang saat ini menjadi ujung tombak perekonomian negeri kincir angin tersebut.

Pertemuan bilateral ini, kata dia, penting untuk perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Dalam pembahasan petinggi dua negara itu, Mari Pangestu mengatakan fokus membahas program pengembangan industri kreatif, seperti program pelatihan, kerja sama pengembangan kapasitas sumber daya manusia, dan pembahasan kebijakan pengembangan industri kreatif.

"Kebijakan pengembangan industri kreatif seperti pemberian insentif dan keringanan pajak menjadi topik pembahasan dengan Maxime Verhagen," ungkap Mari Pangestu, akhir pekan kemarin.

Mari Pangestu menambahkan, hasil pertemuan dengan Menteri Ekonomi Pertanian dan Inovasi Belanda ini akan menjadi masukan berharga perkembangan industri kreatif Nasional. Masukan tersebut dapat menjadi acuan untuk menyusun strategi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif hingga beberapa tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement