Rabu 12 Sep 2012 22:32 WIB

RI Incar Pasar Otomotif Australia

Red: Taufik Rachman
Fortuner versi Australia
Foto: antara
Fortuner versi Australia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Indonesia bertekad memperluas penjualan produk otomotif ke pasar Australia dengan memanfaatkan momentum perjanjian perdagangan bebas Asean Australia - Selandia Baru (AANZ-FTA).

"Australia menjadi pasar terpenting otomotif nasional di kawasan regional setelah Asean, mengingat besarnya permintaan otomotif di Negeri Kanguru tersebut," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi di Jakarta, Rabu.

Pasar otomotif Australia, menurut Budi, relatif besar atau sekitar satu juta unit per tahun, sementara pangsa pasar kendaraan di negara itu didominasi produk dari Jepang, Korea Selatan dan Thailand.

"Indonesia ingin mengambil pasar di sana sekitar 5 persen dalam tempo lima tahun mendatang atau sekitar 10.000 unit per tahun. Sebelum masuk ke sana, kami sudah menjajaki pasar Australia sekitar tiga-empat tahun lalu dan prospeknya sangat menjanjikan, tapi semua harus dikaji secara komprehensif," paparnya.

Berkaitan dengan produk otomotif yang akan dipasarkan, lanjut Budi, pemerintah mengklaim kendaraan jenis SUV (sport utility vehicle) sangat diminati.

"Konsumen Australia menyukai SUV berkapasitas 1.800 cc, sedangkan produk SUV yang diproduksi di Indonesia berkapasitas 1.500 cc," ujarnya.

Budi menambahkan, penetrasi pasar ke Australia menjadi target lanjutan setelah Indonesia mampu melakukan penetrasi pasar otomotif ke sejumlah negara di Amerika Latin, Amerika Tengah dan Timur Tengah.

"Produk otomotif kita sudah menembus pasar Venezuela, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, hingga Uni Emirat Arab," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement