Rabu 31 Oct 2012 06:42 WIB

Jamaah Kloter 1 Solo Terlantar di Pemondokan

Rep: Agus Raharjo/ Red: Hafidz Muftisany
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jamaah kloter 1 dari embarkasi Solo yang harusnya dijadwalkan pulang ke Indonesia Rabu (30/10) pagi masih telantar di pemondokan. Harusnya, 5 rombongan di pemondokan Aziziah tersebut keluar dari pemondokan pukul 06.00 waktu Arab Saudi.

Namun, hingga pukul 18.00 waktu Arab, mereka belum dievakuasi dari pemondokan. Bahkan sekitar 350 jamaah tersebut tidak mendapat makanan dari petugas haji. Menurut salah satu jamaah yang tidak bersedia disebutkan namanya, rencananya jam 6 pagi mereka akan berangkat ke Jeddah dilanjutkan ke Laut Merah lalu menginap di hotel Jeddah.

Baru esok paginya ke Bandara King Abdul Aziz dan terbang ke Indonesia. Namun, hingga pukul 6 sore mereka masih belum diberangkatkan, padahal seluruh jamaah sudah siap berangkat.

"Bahkan kita tidak diberi makan sejak pagi," kata dia dihubungi Republika, Rabu (30/10) malam.

Jamaah itu menambahkan, petugas haji memang menjanjikan makanan sejak pagi, namun hingga petang hari, belum ada makanan. Namun, petugas tetap ada dipemondokan dan mengatur jadwal rombongan. Jamaah mulai resah karena keberangkatan mereka ditunda-tunda terus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement