Senin 05 Nov 2012 09:16 WIB

Nyeri Sendi? Inilah Enam Makanan Pengurang Sakitnya

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Nyeri sendi. Ilustrasi
Foto: coolhealthtips.com
Nyeri sendi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Nyeri sendi adalah salah satu masalah kesehatan yang umumnya menimpa orang berusia 30 tahunan. Penyakit tersebut dapat terjadi di lutut, siku, bahu, leher, atau pinggul.

Untuk mencegahnya, tak cukup dengan olahraga, anda harus makan makanan bergizi dan sehat. Berikut adalah enam makanan yang dapat mengurangi nyeri sendi, seperti dikutip dari Boldsky:

1. Salmon

Ikan ini kaya akan asam lemak omega tiga. Salmon dapat menyembuhkan nyeri sendi karena mengurangi peradangan yang merupakan penyebab umum dari nyeri sendi.

2. Buah Berrie

Stroberrie dan blueberri adalah makanan paling efektif untuk membantu mengurangi nyeri sendi. Berdasarkan Journal of American College of Nutrition, stroberrie dan buah berrie lainnya dapat mengurangi protein C-reaktif. Protein ini menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, kandungan antioksidan berupa bioflavonoid dalam buah ini berfungsi sebagai quercetin dan anthocyanidins yang dapat mengurangi nyeri sendi.

3. Sayuran

Ketidakseimbangan dalam asam lemak omega tiga  dapat menyebabkan nyeri sendi. Jadi, untuk mengatasinya maka konsumsilah bayam, brokoli, bawang, jahe. Hindari karbohidrat olahan seperti pasta, roti panggang, dan junk food.

4. Kacang-kacangan

Almond, kenari, biji labu adalah kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan. Kedua zat tersebut dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Lebih baik makan makan ini ketimbang junk food.

5. Minyak zaitun

Minyak ini kaya akan antioksidan, rendah kalori dan lemak. Zaitun mengandung kolesterol baik sehingga aman untuk jantung dan tulang. Minyak zaitun juga dapat mengurangi peradangan, nyeri sendi dan menurunkan berat badan.

6. Jus jeruk

Semua orang tentunya tahu jeruk kaya akan vitamin C. Asupan vitamin C yang tepat dapat mencegah terjadinya degenerasi tulang (penyebab nyeri sendi).

Selain keenam makanan itu, asupan air juga harus diperhatikan. Seperti diketahui, dehidrasi/kekurangan cairan dalam tubuh adalah penyebab lain dari nyeri sendi. Jadi, jangan lupa minum banyak air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement