Rabu 07 Nov 2012 04:35 WIB

Ozil Selamatkan Madrid dari Kekalahan Kandang

Red: Fernan Rahadi
Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Mesut Ozil pada laga melawan Borussia Dortmund pada lanjutan Grup D Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (7/11) dini hari. Laga berakhir imbang 2-2.
Foto: AP Photo/Andres Kudacki
Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Mesut Ozil pada laga melawan Borussia Dortmund pada lanjutan Grup D Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (7/11) dini hari. Laga berakhir imbang 2-2.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID  --  Borussia Dortmund membuktikan diri sebagai tim yang patut diwaspadai di Liga Champions musim ini. Skuat Jurgen Klopp itu secara mengejutkan menahan imbang Real Madrid 2-2 di Santiago Bernabeu, Rabu (7/11) dini hari. Madrid beruntung memiliki Mesut Ozil yang berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas di menit ke-88.

Hasil tersebut mengokohkan posisi Dortmund di puncak klasemen sementara Grup D Liga Champions dengan nilai 8 dari empat pertandingan. Sedangkan Madrid tetap di posisi kedua dengan nilai 7 dari empat pertandingan.

Babak pertama baru berlangsung dua menit, Madrid menciptakan peluang saat tendangan striker asal Argentina, Gonzalo Higuain, berhasil digagalkan kiper Roman Weidenfeller. Bola muntah coba dimanfaatkan Luka Modric. Sayang tendangan playmaker asal Kroasia itu melenceng.

Pada menit ketujuh, giliran Dortmund menciptakan peluang emas. Berawal dari pergerakan Marcel Schmelzer yang menerobos masuk ke dalam kotak penalti lewat sisi kiri, tendangannya membentur tiang gawang Madrid. Bola muntah mengarah ke Robert Lewandowski namun tendangan pemain timnas Polandia itu melambung.

Pada menit ke-26, Dortmund membuka keunggulan melalui gelandang serang timnas Jerman, Marco Reus. Berawal dari umpan sundulan Lewandowski yang memenangi duel udara, pemain berusia 23 tahun itu melakukan tendangan spekulasi dari dalam kotak penalti yang secara tak terduga membobol gawang Iker Casillas. 1-0 untuk Die Schwarzgelben.

Tersentak dengan gol tersebut, skuat Jose Mourinho langsung balas menyerang Dortmund secara sporadis. Usaha mereka membuahkan hasil tujuh menit kemudian saat Pepe berhasil memanfaatkan umpan lambung Mesut Ozil dengan sundulannya yang tak mampu dicegah oleh Weindenfeller. 1-1.

Setelah kedudukan imbang, kedua tim bermain saling menyerang. Akan tetapi Dortmund lebih beruntung saat di menit terakhir babak pertama lagi-lagi umpan sundulan Lewandowski yang memenangi duel udara disambut Kevin Grosskreutz yang langsung memberikan umpan kepada Mario Gotze. Pemain berusia 20 tahun itu pun berhasil menaklukkan Casillas dengan mudah. Dortmund pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Memasuki babak kedua, Mourinho mengganti dua pemainnya. Higuain dan Modric ditarik keluar untuk digantikan Michael Essien dan Jose Callejon. Sesaat pergantian tersebut seperti langsung berdampak saat Callejon berhasil membobol gawang Dortmund di menit ke-46. Sayang, sebelum mencetak gol pemain berusia 25 tahun itu terperangkap offside.

Madrid terus berupaya mencetak gol. Sesaat setelah peluang pertamanya, Callejon langsung membuat peluang keduanya namun tendangannya dari luar kotak penalti melenceng ke sisi kiri gawang Weidenfeller. Menit ke-60, ia kembali mendapatkan peluang saat ia menerima umpan terobosan Ozil. Sayang, ia gagal menaklukkan Weidenfeller meskipun telah berhadapan satu lawan satu.

Setelah serangkaian peluang yang gagal diselesaikan di mulut gawang Dortmund, Madrid akhirnya berhasil menyamakan kedudukan dua menit menjelang bubaran. Pahlawan penyelamat Madrid malam itu adalah Ozil yang tendangan bebasnya menjebol gawang Weidenfeller

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement