Kamis 20 Dec 2012 13:12 WIB

SBY Harapkan Mahasiswa Berkarya di Tanah Air

Rep: M Ikhsan Shidddieqy/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Haji Abror Rizki/Rumgapres
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri tidak ada paksaan untuk bekerja di Indonesia setelah lulus. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan mereka berkontribusi membangun Tanah Air.

"Kalau ada putra putri bangsa yang punya expertise di luar negeri barangkali pahalanya akan lebih tinggi kalau kembali ke Indonesia," kata Presiden dalam simposium Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) seluruh dunia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi, India, Kamis (20/11).

Kembali ke Indonesia, kata Presiden, bukanlah suatu keharusan. Bekerja di luar negeri pun tak masalah selama masih berkontribusi kepada bangsa dan negara. Presiden mencontohkan, diaspora Indonesia di berbagai negara selalu partisipatif dan kontributif dalam berbagai hal.

"Stay abroad, fine. Return home, itu juga bagus," kata Presiden di hadapan 53 mahasiswa Indonesia dari berbagai negara. Namun, kalau memang negara memanggil dan memang ada peluang di dalam negeri, tentu lebih baik berkarya di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement