Kamis 03 Jan 2013 16:34 WIB

Pelatih: Belum Ada Pengganti Yayuk Basuki

Red: Yudha Manggala P Putra
Yayuk Basuki
Foto: Antara
Yayuk Basuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih fisik Paulus Pesurnay mengatakan belum ada atlet tenis Indonesia yang mengalahkan ketangguhan petenis yang pernah mencapai peringkat 19 dunia, Yayuk Basuki. 

"Belum ada pengganti Yayuk Basuki. Dari kecepatannya, kecepatan reaksi dan kecepatan kaki," kata Paulus di lapangan tenis utama Senayan, Jakarta, Kamis (3/1).

Hal tersebut ia sampaikan di sela-sela mengetes fisik tim Piala Davis dan Fed Indonesia. Mereka menjalani berbagai tes fisik untuk mengetahui gambaran kemampuan masing-masing atlet baik kekurangan maupun kelebihan mereka.

Menurut Paulus yang telah berpengalaman melatih atlet-atlet elit Indonesia seperti Yayuk Basuki, Alan Budikusuma, Susi Susanti, dan Hendrawan itu, kecepatan Yayuk pada saat junior bahkan mengalahkan atlet tenis putra. "Mungkin kalau kelebihan anak-anak ini daya tahan tubuhnya," tambah Paulus.

Ia menyebut salah satu petenis putri, Athena Natalia, memiliki daya tahan yang baik serta tangan yang kuat. Ia membandingkan saat Yayuk mampu lari 20 meter dengan kecepatan 3.1 menit, Athena menempuh waktu 3.4 menit.

"Jam terbangnya perlu ditambah dan perlu kerja keras tetapi  punya semangat bagus." kata Paulus.

Tim Piala Fed Indonesia yang akan dilatih oleh Suharyad terdiri dari Ayu Fani Damayanti, Lavinia Tananta, Athena Natalia, Aldila Suciadi, Vita Taher, Jessy Rompies, Voni Darlina, dan Temy Grende. Indonesia masih berada di Grup II dan hanya mempunyai waktu satu bulan untuk melakukan persiapan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement