Ahad 13 Jan 2013 08:40 WIB

Peternak Dianjurkan Antisipasi Flu Burung dengan Air Bekas Cucian

Red: Didi Purwadi
Itik (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Itik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WAYKANAN -- Para peternak dianjurkan menggunakan deterjen untuk membersihkan kandang hewan ternaknya untuk mencegah penularan virus flu burung.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Waykanan, Lampung, Kardi Wasito, di Blambanganumpu, Minggu, mengingatkan agar para peternak unggas bisa menggunakan deterjen guna mencegah flu burung itu.

"Di Waykanan belum ada laporan mengenai penularan flu burung. Namun, pencegahan sementara bisa menggunakan disinfektan dan juga bisa dengan air bekas cucian pakaian yang mengandung deterjen. Itu bisa digunakan untuk membersihkan kandang dengan cara disiramkan," kata Kardi.

Namun, berdasarkan rapat di tingkat provinsi, penanganan unggas yang terjangkit flu burung harus dibakar dan kemudian dikubur dalam-dalam.

"Penggalian yang dalam itu dilakukan untuk mencegah diusik oleh anjing,'' katanya. ''Ini mengingat akan membahayakan bila bangkai unggas yang telah terjangkit virus flu burung diusik anjing kemudian diseret ke sana sini.''

Hingga saat ini belum ada laporan penularan flu burung di Kabupaten Waykanan. Itu karena itik/bebek di daerah yang berada di selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan itu umumnya merupakan bebek lokal.

"Jadi, peternak tidak membeli bebek dari Pulau Jawa," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement