Kamis 17 Jan 2013 10:30 WIB

Sekolah di Kawasan Kemayoran Diliburkan

Red: M Irwan Ariefyanto
Banjir (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah sekolah di kawasan Kemandoran, Grogol Utara, Jakarta Selatan, Jakarta, memulangkan muridnya karena banjir yang disebabkan hujan yang mengguyur kawasan tersebut sejak Kamis dinihari. "Disuruh pulang oleh guru karena kelasnya kebanjiran," ujar seorang murid SD Inpres Kemandoran, Ramdani (11), di Jakarta, Kamis.

Ramdani mengatakan seluruh siswa dipulangkan, sehingga otomatis pada hari Kamis kegiatan belajar mengajar ditiadakan. Tak hanya SD Inpres yang memulangkan siswanya, SDIT Kemandoran juga memulangkan murid-muridnya karena kelas sekolah tersebut terendam banjir. "Tadi sudah sampai di sekolah, tapi kemudian disuruh pulang oleh guru," jelas murid SD IT Kemandoran, Santi (10).

Sejumlah wali murid juga terlihat sibuk menjemput anaknya untuk pulang ke rumah. Kawasan Kemandoran termasuk salah satu kawasan yang rawan banjir. Dari pantauan ANTARA, ketinggian air di kawasan tersebut mencapai 50 centimeter.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jika kondisi Sungai Ciliwung di wilayah Manggarai telah ditetapkan siaga satu atau level tertinggi dengan ketinggian air  970 centimeter pada Kamis sejak pukul 07.30 WIB.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga melaporkan bahwa terdapat pumpunan atau konvergensi awan di sebelah Barat Jawa sehingga hujan deras merata di Jakarta da Jawa bagian Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement