Rabu 23 Jan 2013 18:47 WIB

Hutan di SMAN 42 Jakarta Tempat Melepas Penat Siswa

Red: M Irwan Ariefyanto
Kawasan hijau di SMAN 42 Jakarta
Foto: Sifa Nurseptiani
Kawasan hijau di SMAN 42 Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Yang terbayang ketika mendengar kata hutan adalah jauh, seram dan terletak di ujung Indonesia. Pernyataan ini mungkin lebih tepat untung orang-orang yang tinggal di Jakarta. Jangankan untuk menemukan hutan, melihat lahan nganggur sedikit saja sudah berubah menjadi gedung, mall, atau apartemen.

Tapi jangan salah loh, masih ada sedikit hutan di Jakarta. Adanya di SMA Negeri 42. Sekolah berwawasan lingkungan ini memiliki hutan kecil di belakang sekolahnya. Di hutan sekolah yang berada di kawasan Halim Perdana Kusuma ini, terdapat Green House dan Ruang Daur Ulang. Tempat ini menjadi salah satu pojok favorit para siswa untuk melepas penat setelah sekolah. Mulai dari sekedar mengobrol bersama, mencari inspirasi untuk tugas atau sekedar menjadikan latar untuk berfoto.

Letak sekolahnya yang memang agak jauh. Tetapi menyuguhkan pemandangan yang berbeda. Sebelum sampai sekolah, terlebih dulu disuguhkan pemandangan barisan sawah yang luas. Di pagi hari bahkan masih terlihat kabut yang menyelimuti di sekitar areal persawahan. Suasana pedesaan yang jauh dari suasana ibu kota. SMA Negeri 42 juga pernah mendapat penghargaan sebagai sekolah terbersih tingkat nasional tahun 2006.

Dengan hutan sekolah ini semoga SMA Negeri 42 bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Jakarta. Menyisahkan sedikit halaman sekolah menjadi sebuah hutan sekolah yang berwawasan pendidikan. Apalagi untuk sekolah-sekolah yang letaknya di pinggir jalan besar.

Yang pasti hutan sekolah memiliki banyak manfaat. Menahan polusi udara, penangkal banjir, tempat melepas penat siswa, juga yang terpenting menjadi sarana belajar siswa. Tempat untuk dijadikannya objek penelitian.

Penulis: Sifa Nurseptiani – Klub Jurnalistik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement