Senin 04 Feb 2013 15:03 WIB

Sst, Ini Rahasia Rumah Tangga Harmonis Para Selebritas

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Endah Hapsari
Marissa Haque
Marissa Haque

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan peragawati kondang, Ratih Sanggarwati lebih memilih diam jika merasa kesal dan marah pada suami. Sang suami pun sudah tahu bila dirinya diam berarti sedang marah. ''Jelek sih sebetulnya. Tapi, dari pada bersuara keras, lebih baik memilih diam,'' paparnya.

Menurut Ratih, kemarahan yang diekspresikan dengan bersuara keras bisa membuat seseorang menjadi tak terkontrol. Selain itu, imbuhnya, bisa menghabiskan energi dan belum tentu menyelesaikan masalah. ''Kemarahan yang diungkapkan dengan berteriak-teriak bisa berujung pada sesuatu yang dibenci Allah, yakni perceraian,'' paparnya.

Ratih menuturkan, biasanya sikap diamnya itu juga tak berlangsung lama. Ia dan suaminya memiliki kebiasaan untuk menyelesaikan kesalahpahaman pada saat tengah malam. ''Biasanya besoknya sudah hilang,'' katanya. Selain itu, ibu tiga anak ini mengaku bila sedang kecewa dan kesal lebih memilih berdoa dan menyampaikan semuanya dengan Sang Pencipta.

Artis Ikang Fawzi pun lebih memilih diam bila sedang marah dan kecewa kepada isterinya, Marissa Haque. ''Sama perempuan saya nggak berani marah,'' ujarnya. Jika Ikang, tiba-tiba diam, sang isteri pun jadi salah tingkah. Itu pertanda ada yang dianggap tak berkenan oleh suaminya.

Ikang mengaku cara diamnya itu meniru ayahnya. ''Kalau lagi marah terus diam, saya merasa lebih sreg,''katanya. Penyanyi rock ini memahami bahwa marah yang berlebihan bisa membuat emosi tak stabil dan membahayakan kesehatannya. Menurutnya, ada banyak sarana untuk menyalurkan rasa kecewa dan kesalnya itu, seperti berolahraga, bela diri atau bernyanyi. ''Tapi, bukan berarti kalau saya nyanyi lantas saya sedang marah,'' imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement