Rabu 06 Feb 2013 06:59 WIB

Ini Nama Pahlawan Komik yang Kurang Mujur

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: M Irwan Ariefyanto
Karakter superhero dalam komik
Foto: dc
Karakter superhero dalam komik

REPUBLIKA.CO.ID,Batman, Iron Man, Superman, dan Spiderman adalah beberapa karakter superhero yang ‘beruntung’. Pasalnya, cerita tentang kehidupan dan perjuangan mereka melawan kejahatan banyak diabadikan dalam film layar lebar. Di jagad superhero, sebenarnya masih banyak kisah perjuangan superhero yang terlupakan. Nama-nama mereka pun kadang kerap tak dikenal, meski karakternya cukup dikenal pembaca komik. Dikutip dari Hitlist.com, beberapa karakter superhero yang tak terlupakan industri film Hollywood, antara lain:

1. Supergirl

Sepupu Kal-El yang terkenal sebagai Superman ini sebenarnya pernah tayang di layar lebar pada tahun 1984. Tapi, film berjudul Supergirl ini banyak menerima kritik dan gagal diterima para penonton film.  Nasib Supergirl yang bernama asli Kara Zor-El ini berbeda jauh dengan saudaranya. Cerita tentang Superman sudah 11 kali diangkat ke layar lebar dan telah tujuh kali hadir di layar kaca. Yang terbaru, pertengahan tahun ini, Superman akan kembali hadir di bioskop dengan judul Man of Steel.

2. Nick Fury

Karakter Nick Fury di jagad komik Marvel sebenarnya memiliki posisi penting, yaitu sebagai pimpinan organisasi mata-mata, Strategic Hazard Intervention Espionage Logistics Directorate (SHIELD). Karakter Fury sempat hadir di layar kaca dengan David Hasselhoff yang berperan sebagai Fury di tahun 1998. Di layar lebar, karakter Fury justru lebih banyak ditampilkan sebagai karakter pendukung para superhero yang tergabung dalam SHIELD, seperti Thor dan Iron Man. Lewat akting Samuel L Jackson, Fury tampil di enam judul film adaptasi Marvel, salah satunya adalah the Avengers yang sukses besar di tahun lalu. Diam-diam, ternyata studio Marvel telah menyiapkan satu film yang khusus bercerita tentang karakter ini. Diperkirakan film tentang Fury akan rilis pada 2014, bersamaan dengan rilisnya Captain America 2.

3. Aquaman

Sejak pertama kali lahir di tahun 1941, karakter Aquaman belum pernah sekalipun dilirik untuk diadaptasi ke layar kaca. Di layar kaca, karakter superhero yang memiliki kemampuan berenang dan telepati ini pun hanya sekali diangkat ke layar kaca, yaitu di tahun 2006.Digarap oleh Alfred Gough yang sebelumnya skses menggarap Smallville, cerita tentang Aquaman akhirnya tayang terbatas hanya di Kanada dan iTunes. Sebenarnya, Aquaman memiliki peranan besar di dunia superhero. Ia adalah raja tjuh samudera. Aquaman juga tergabung dalam organisasi pembela kebenaran Justice League, bersama dengan Batman dan Wonder Woman.

4. Wonder Woman

Dibanding Supergirl yang tampil pertama kali di komik pada 1959, Wonder Woman sudah jauh lebih dulu ada, yaitu di 1941. Tapi, sampai hari ini karakter superhero perempuan paling ikonik ini belum pernah sekalipun diangkat ke layar lebar. Satu-satunya penampilan Wonder Woman yang bernama lain Putri Diana dari negeri Amazon ini adalah dalam bentuk animasi di tahun 2009.

Rencana untuk mengabadikan karakter ini dalam wujud film berbujet besar, sebenarnya sudah lama hadir di Hollywood. Nama-nama, seperti Rachel Bilson dan Megan Fox menjadi beberapa kandidat kuat yang sempat dikabarkan akan memerankan Wonder Woman. Sayang, sampai saat ini rencana pembuatan film Wonder Woman belum tampak akan terealisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement