Jumat 15 Feb 2013 17:09 WIB

Ada Benjolan di Belakang Kepala, Apa Itu?

Red: Endah Hapsari
Pusing/ilustrasi
Foto: nikadon.com
Pusing/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Maaf Dok, saya Dyas perempuan berumur 22 tahun. Saya mempunyai benjolan di belakang kepala, hampir dekat dengan leher. Sudah dua tahun ini saya berobat, tapi tidak kunjung sembuh. Akibat dari benjolan itu, terasa nyeri, pusing, hingga menyebabkan penglihatan saya kabur. Bahkan kalau berasa sakitnya, saya sering hilang kesadaran/pingsan, dan makin lama benjolan itu semakin membesar. Kira-kira kenapa ya dok? Terima kasih.

Dyas

Jawaban:

Untuk Mbak Dyas, berdasarkan keterangan yang disampaikan, maka memang tampaknya perlu dilakukan pemeriksaan terkait yang dapat mendeteksi kondisi benjolan tersebut. Namun memang perlu diwaspadai mengingat bahwa kondisi ini telah berlangsung selama 2 tahun, dengan terjadi perbesaran serta diiringi dengan gejala penyerta seperti pusing, pandangan kabur dan kondisi kehilangan kesadaran.

Kemungkinan yang dapat ditarik kesimpulan, adalah terjadinya pembesaran kelenjar getah bening. Perlu diketahui bahwa Kelenjar getah bening adalah mekanisme pertahanan tubuh yang dapat diketahui dengan perabaan fisik. Dimana pada saat terjadi proses imun tubuh dengan penyaringan protein asing, maka akan membentuk pola pertahanan yang secara fisik nampak seperti benjolan.

Namun kondisi benjolan tersebut dapat terjadi dalam dua kondisi, yakni dalam situasi infeksi akut (disebabkan oleh penyakit temporer) maupun infeksi kronis (berkaitan dengan dampak penyakit yang berlangsung lama), dalam hal ini situasi benjolan tersebut akan normal seiring dengan perbaikan kondisi tubuh.

Kondisi benjolan itu, dapat terlihat pada daerah lipatan seperti ketiak, paha maupun leher. Hal ini terjadi karena infeksi virus, maupun karena kondisi penyakit pada organ lain ditubuh yang memicu terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Nah sebaiknya segera periksakan ke Dokter Anda, untuk dapat melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dalam menentukan diagnosa & metode penanganan yang sesuai. Semoga jelas ya, terima kasih. (Yok)

Dr. Yoyok, SpB

Spesialis Bedah Umum di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement