Ahad 17 Feb 2013 21:23 WIB

Korban Tsunami Dapat Kiriman Emas Batangan

Red: Citra Listya Rini
Tsunami Jepang
Tsunami Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, ISHINOMAKI -- Warga di Ishinomaki, perfektur Miyagi, Jepang dikejutkan dengan sejumlah kiriman paket pos yang masing-masing berisi emas seberat dua kilogram (kg) dari seorang dermawan yang tidak dikenal. Kiriman itu ditujukan untuk dua lembaga yang membantu pemulihan dari dampak tsunami di daerah tersebut dan sebuah perusahaan pengelola pasar ikan dan pelabuhan.

Pengiriman paket emas kepada sejumlah kelompok ini mulai terjadi sejak 10 hari lalu. Dua lembaga yang membantu pemulihan dampak Tsunami di daerah tersebut dan pengelola pasar ikan mendapat kiriman emas masing-masing seberat dua kg atau jika diuangkan nilainnya sekitar Rp 2,4 miliar.

"Karena ada petunjuk bahwa barang yang dikirimkan adalah masuk kategori barang lain-lain, saya membuka kotak itu ya seperti biasa. Saya terkejut karena ternyata di dalam kota itu ada dua emas batangan 24 karat," kata Presiden Ishinomaki Fish Market Co Ltd, Kunio Suno seperti dilansir BBC, Ahad (17/2).

Satu batangan emas dibungkus dengan kertas cokelat dan satunya lagi dibungkus dengan kertas sisa halaman sebuah majalah. Suno mengungkapkan tidak ada pesan serta alamat pengirim di kotak tersebut, tapi laporan menyebutkan paket itu dikirim dari kota Nagano.

Suno mengatakan dia akan menggunakan uang dari penjualan emas itu untuk membangun kembali pasar ikan di Ishinomaki yang saat ini beroperasi hanya dengan mengandalkan tenda saja.

Secara terpisah, Yoshie Kaneko dari kelompok Jaringan Dukungan Pemulihan Ishinomaki, yang juga menerima dua emas batangan mengatakan dia sangat menghargai pemberian itu. "Kami tidak akan menyia-nyiakannya," kata Kaneko.

Pelabuhan kapal ikan di kawasan ini sempat mengalami kerusakan parah saat bencana Tsunami terjadi pada tahun 2011 lalu. Selain mengakibatkan hancurnya 40 ribu bangunan, Tsunami juga mengakibatkan lebih dari 3.000 warga di Ishinomaki tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement