Rabu 20 Mar 2013 22:25 WIB

Ingin Kurangi Risiko Terserang Sakit Jantung?

Red: Citra Listya Rini
Terkena serangan jantung (ilustrasi)
Foto: WHAT IS HEART ATTACK
Terkena serangan jantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Rutin mengonsumsi minyak ikan ternyata bisa meminimalkan risiko terserang penyakit jantung.

"Hal ini disebabkan karena minyak ikan mengandung lemak tak jenuh ganda yang berisi asam lemak Omega 6 dan Omega 3," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari FKUI-RSCM, Fiastuti Witjaksono di Jakarta, Rabu (20/3).

Fiastuti menjelaskan rasio sempurna antara Omega 3 (EPA dan DHA) dan Omega 6, memiliki efek yang sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. 

Omega 6 dapat menyebabkan inflamasi, namun EPA dan DHA yang terkandung dalam Omega 3 bersifat anti inflamasi sehingga menahan dampak buruk 

Omega 6. Inflamasi dikatakan Fiastuti mampu membuat darah menggumpal sehingga menimbulkan penyumbatan. 

"Inilah yang akan membahayakan jantung. Minyak ikan dapat meredakan inflamasi sehingga melindungi kesehatan jantung," ujar Fiastuti. 

Minyak ikan mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Minyak esensial ini biasanya didapat dari ikan laut perairan dalam dan dingin seperti ikan cod. 

"Selain ikan cod, minyak ikan laut lain yang memiliki lemak tak jenuh ganda dan sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah ikan salmon, ikan kembung, ikan tongkol, serta ikan tuna," kata Fiastuti. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلٰى رَسُوْلِهٖ مِنْ اَهْلِ الْقُرٰى فَلِلّٰهِ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ كَيْ لَا يَكُوْنَ دُوْلَةً ۢ بَيْنَ الْاَغْنِيَاۤءِ مِنْكُمْۗ وَمَآ اٰتٰىكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهٰىكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْاۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِۘ
Harta rampasan (fai') dari mereka yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (yang berasal) dari penduduk beberapa negeri, adalah untuk Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin dan untuk orang-orang yang dalam perjalanan, agar harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Hasyr ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement