Kamis 21 Mar 2013 07:53 WIB

Calon Bintang Timnas Indonesia: Victor Igbonefo

Red: Fernan Rahadi
Victor Igbonefo (tengah)
Foto: FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto/ed/ama/13
Victor Igbonefo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masuknya Victor Chukwuekezie Igbonefo ke dalam skuat timnas Indonesia memang seolah tinggal menunggu waktu setelah resmi dinaturalisasi pada 10 Oktober 2011 lalu. Sejak 2005, pemain keturunan Nigeria itu sudah malang melintang di liga Indonesia, di antaranya memperkuat Persipura Jayapura, Pelita Jaya Karawang, hingga kini memperkuat Arema Indonesia.

Hanya konflik dualisme PSSI saja yang membuat bek yang kini menginjak usia 28 tahun itu hingga kini belum memperkuat timnas Merah Putih di ajang resmi. Selama berkarier di Indonesia, ia sudah meraih sejumlah prestasi di antaranya membawa Persipura meraih gelar juara liga pada tahun 2005, 2009, dan 2011.

Meskipun sudah dianggap sebagai bek terbaik yang ada di Indonesia saat ini, Igbonefo tetap berupaya merendah. Ditanya peluangnya menembus skuat inti pada laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi pada Sabtu (23/3) nanti, bek bertinggi badan 185 centimeter itu mengatakan akan bekerja keras supaya bisa terpilih masuk tim utama.

"Saya senang bisa gabung ke timnas. Tetapi saya harus bekerja keras untuk mendapatkan satu tempat di dalam daftar nama 23 pemain yang akan melawan Arab Saudi," kata Igbonefo di sela-sela latihan timnas di Stadion Gelora Bung Karno suatu kali.

Pada sesi latihan Rabu (20/3) petang, duet pelatih Rahmad Darmawan-Jacksen Tiago menempatkan Igbonefo di jantung pertahanan tim proyeksi inti bersama Hamka Hamzah. Ia terlihat tak canggung dan mampu mengantisipasi serangan tim lawan yang mengandalkan Andik Vermansah dan Irfan Bachdim.

Usai resmi dinaturalisasi, sebenarnya Igbonefo pernah dipanggil memperkuat timnas Indonesia di bawah pelatih Wim Rijsbergen akhir 2011 lalu. Saat itu timnas tengah melakoni babak  Grup E putaran tiga Pra Piala Dunia 2014 zona Asia melawan Qatar. Sayang, meskipun sudah berangkat bersama rombongan timnas ke Qatar, Igbonefo bersama pemain naturalisasi lainnya, Greg Nwokolo, batal dimainkan akibat terkendala administrasi.

Layak ditunggu debut Igbonefo di skuat Indonesia. Apakah permainan pemain yang pernah menjalani masa peminjaman di klub Thailand Chiangrai United itu bersama skuat Garuda sebaik yang digembar-gemborkan selama ini? Kita tunggu jawabannya di Gelora Bung Karno akhir pekan nanti.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah ayat 255)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement