Kamis 21 Mar 2013 16:42 WIB

Menhut Sarankan Ahok Kembangkan Hutan Kota

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Dewi Mardiani
Hutan Kota
Foto: beritajakarta.com
Hutan Kota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk menambah ruang terbuka hijau. Dengan begitu, kata dia, hutan kota menjadi berkembang.

Ruang terbuka hijau yang ideal seharusnya dibangun di tepi sungai selebar 500 meter baik di sisi kiri maupun di sisi kanan. "Saya sarankan rumah yang di tepi sungai untuk dibangunkan rumah susun, sehingga kiri kanan sungai 500 meter memiliki ruang hijau," ujarnya Kamis (21/3).

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengatakan akan melanjutkan rencana kerja sama Gubernur DKI Jakarta dengan Kementerian Kehutanan terkait pelarangan pembangunan di hutan kota. "Pak menteri sudah komitmen, Jakarta masih punya sisa hutan, milik kehutanan," ujarnya.

Pemprov tidak dapat memberikan izin untuk membangun apapun di atas hutan kota. Meski pun hutan kota di Jakarta milik kehutanan, Pemprov sepakat untuk menghutankan Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta dahulu memiliki hutan kota. Tetapi, lahan hijau tersebut sembarangan diberikan untuk dibangun. "Kita akan tanam pohon-pohon besar," ujarnya. Menteri Kehutanan juga berjanji saat keduanya akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur untuk membantu menanam pohon di sepanjang trotoar setinggi lima meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement